get app
inews
Aa Read Next : Air Kencing Ternyata Ampuh untuk Charge HP, Ini yang Dilakukan Ilmuwan Inggris

Jangan Charge Baterai Handphone hingga Full jika Ingin Awet, Benarkah

Rabu, 03 Januari 2024 | 09:55 WIB
header img
Jangan charge Hp hingga full jika ingin baterai nya awet (Foto Ilustrasi: Istimewa)

CILEGON, iNews Cilegon.id - Jangan Charge Baterai Handphone hingga Full jika Ingin Awet. Penggunaan Handphone (HP) saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Namun apa jadinya jika baterai HP cepat habis atau drop? 

Lantas bagaimana kah caranya agar baterai HP tetap awet?

Jika ada pertanyaan haruskah mengisi daya baterai hingga 100 persen, Jawabannya, tidak! Untuk menjaga masa pakai baterai dan membuatnya tetap sehat, pengisian daya yang sering dan dalam jumlah kecil lebih baik daripada mengisi ulang hingga penuh. 

Men-charge HP hingga 100 persen menyebabkan baterai lithium-ion lebih cepat usang dan tidak awet. Di sisi lain, hindari membiarkan baterai HP berada di bawah 20 persen. 

Singkatnya, baterai lithium-ion berada dalam kondisi paling baik jika baterainya berada dalam kapasitas menengah. Jangan sampai persentase baterainya rendah, tapi juga tidak terlalu tinggi.

Aturan emasnya adalah, membuat daya baterai berada dalam kapasitas antara 30 hingga 90 persen. Dengan kata lain, segera sambungkan ke pengisi daya saat kapasitas baterai berada di angka 30 persen dan segera cabut saat kapasitas mencapai 90 persen. 

Beberapa bahkan menyarankan untuk mencabut pengisi daya saat baterai berada pada 80 persen. Karena alasan ini, kamu tidak boleh men-charge HP semalaman.

Membiarkan baterai dalam keadaan kosong lalu mengisi dayanya hingga penuh akan membuat semakin besar tekanan yang ditimbulkan pada baterai. Jadi, sering mengisi ulang akan memperpanjang masa pakai baterai.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut