get app
inews
Aa Read Next : Samsung dan Apple Larang Pelanggan Masukan Handphone ke Beras ketika Basah, ini Alasannya

Air Kencing Ternyata Ampuh untuk Charge HP, Ini yang Dilakukan Ilmuwan Inggris

Sabtu, 15 April 2023 | 12:50 WIB
header img
Ilmuwan Imggris manfaatin air kencing (urin) jadi tenaga listrik. Foto Ilustrasi: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Seiring perkembangan jaman, kita segera melihat bentuk baru pembangkitan energi dari limbah. Para ilmuwan di Inggris telah meluncurkan sel bahan bakar energi bersih baru yang mampu mengubah urin manusia menjadi listrik.

Solusi baru ini dikembangkan oleh tim peneliti di Bristol BioEnergy Centre. Proyek tersebut dikenal sebagai "Pee Power" dan pertama kali didemonstrasikan oleh perusahaan di Festival Glastonbury.

Pada festival itu, para ilmuwan mampu membuktikan bahwa urin manusia dapat menghasilkan pasokan listrik dengan watt rendah secara stabil. Energi yang dihasilkan kemudian dapat digunakan untuk menyalakan bola lampu, ponsel, hingga robot.

Direktur Bristol BioEnergy Centre Dr Ioannis Ieropoulos menjelaskan, bahwa solusi tersebut mampu menghasilkan listrik 300 watt/jam selama festival lima hari, yang akan mampu menyalakan satu bola lampu satu watt selama 300 jam, atau 10 bola lampu selama 30 jam.

Solusi pembangkit listrik baru ini menerapkan apa yang disebut perusahaan sebagai sel bahan bakar mikroba. Ini termasuk beberapa blok yang terlihat seperti baterai, tetapi diisi dengan koloni mikroba.

Mikroba memakan bahan organik yang kemudian dipecah menjadi energi kimia dan pada akhirnya menghasilkan listrik dan membersihkan air limbah.

Salah satu tantangan yang dihadapi tim pengembang saat ini adalah bagaimana mengurangi ukuran sel bahan bakar sehingga dapat diletakkan di dalam batu bata dan diintegrasikan di dinding rumah.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut