Logo Network
Network

Dikepung Banjir Warga Grogol Cilegon Desak PT Lotte Chemical Bongkar Gorong-Gorong Penyumbat Air

Ila Nurlaila Sari
.
Minggu, 04 Februari 2024 | 09:39 WIB
Dikepung Banjir Warga Grogol Cilegon Desak PT Lotte Chemical Bongkar Gorong-Gorong Penyumbat Air
Sejumlah warga Grogol, Kota Cilegon, menggeruduk kawasan PT Lotte Chemical mendesak agar pihak perusahaan membongkar gorong-gorong penyumbat air. Foto: Layar Tangkap

GROGOL CILEGON, iNews Cilegon.id - Sejumlah Warga yang terdiri dari nelayan, pemilik warung dan warga setempat mendatangi salah satu plant di PT Lotte Chemical. Kedatangannya mereka menuntut salah satu gorong-gorong yang menyumbat aliran air dibongkar.

Gorong-gorong yang dikeluhkan warga berada di kawasan PT Lotte Chemichal yang sebenarnya aliran atau muara yang bagian atasnya diurug untuk dijadikan lintasan kendaraan proyek salah satu plant PT Lotte Chemical.

Dimana, akses masuk lahannya sendiri menggunakan lahan milik Badan Usaha Milih Daerah (BUMN) PT Pelabuhan Cilegon Mandiri.

Dalam video yang beredar di jagat maya, terlihat sejumlah warga merangsek masuk area Project PT Lotte Chemical dan menuntut pembongkaran gorong-gorong karena menyebabkan banjir.

Diketahui, bahwa saluran gorong-gorong ini merupakan pertemuan 3 aliran sungai yang ada di Kecamatan Grogol, Kota Cilegon. Akibat penyempitan ini, akhirnya aliran air meluap ke Pemukiman warga terutama Kelurahan Rawa Arun dan Kota Sari, Kecamatan Grogol. 

"E nglunjak konon, wis pada masuk kabeh nelayan, pedagang ri sing ngarai tanggung jawab, Bongkaar bongkaarr!!," ucap salah seorang warga.

"Ka tungguni instruksi-instruksi kapaan?! Nyengsarakeun uwong," kata warga lainnya.

Diakhir video, pengunggah menjelaskan tentang situasi dan kondisi aliran sungai usai dibongkar oleh pihak perusahaan.

"Alhamdulillah sekarang airnya sudah mulai surut, karena gorong-gorong sudah dibongkar oleh pihak PT dan aliran air menjadi lancar sehingga air mulai menyusut mengalir dengan lancar ke arah laut," tandasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini