get app
inews
Aa Read Next : Ditolak dengan Alasan Penuh, Warga Keluhkan Terbatasnya Ruangan Rawat Inap di Puskesmas Labuan

Akibat Permintaan Fogging Dicuekin Pihak Puskesmas, 7 Warga Labuan Terkena DBD

Rabu, 28 Februari 2024 | 12:16 WIB
header img
Satu dari 7 penderita DBD warga Kampung Sukamulya, Desa Rancatereup, Kec. Labuan, tengah dirawat di salah satu Klinik swasta di Labuan (Foto: Istimewa)

LABUAN PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Sebanyak 7 warga di Kampung Sukamulya, Desa Rancatereup, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, terkena Demam berdarah dengue (DBD). Warga setempat sempat mengajukan fogging kepada pihak Puskesmas Labuan sebagai tindak pencegahan namun dicuekin oleh pihak terkait.

"Yang saya tau sudah 7 orang di kampung ini yang terkena DBD, termasuk anak saya. Tapi dari pihak puskesmas tidak ada tindakan, seperti melakukan foging. Padahal kami sudah mengajukan," demikian dikatakan Ahmad Hafid, Warga Kampung Sukamulya, desa Rancatereup, Kecamatan Labuan. Selasa (27/2/2024).

Hafid menuturkan, dengan tidak adanya pencegahan, korban terjangkit DBD kemungkinan akan bertambah. Ia berharap, Pemerintah jangan menutup mata dengan adanya wabah DBD ini.

"Jika dibiarkan tanpa ada tindakan pencegahan, korban bisa bertambah. Jangan sampai nanti menunggu ada yang mati dulu akibat DBD ini baru bertindak," tegasnya.

Menyikapi hal ini, Kepala Puskesmas Labuan Ai Sri Rezeki angkat bicara. Ia mengatakan, dengan adanya warga yang diduga terkena DBD pihaknya akan mengecek kelapangan apakah itu akibat DBD atau yang lain.

"Kita harus tau dulu penyakitnya, hasil dari lab nya itu apakah DBD atau apa," ujarnya.

Ai Sri Rezeki menjelaskan, pihaknya tidak bisa melakukan foging, karena harus melihat dulu kondisi rumah dan lingkungannya seperti apa. 

"Kalau mau foging juga kita harus melihat  kondisi rumahnya terlebih dahulu, apakah ada jentik nyamuknya. Kalau ada kita berikan Abate untuk memberantas jentik nyamuk tersebut. Nanti saya turunkan tim kelapangan untuk melakukan pengecekan,"tandasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut