get app
inews
Aa Read Next : 5 Hacker Asal Indonesia Bobol Satelite China hingga Situs NASA, Cek Faktanya!

10 Fakta Nora Al Matrooshi, Astronout Pertama asal Arab Saudi yang Dibuatkan Hijab Khusus oleh NASA

Sabtu, 23 Maret 2024 | 12:17 WIB
header img
Nora Al Matrooshi, Astronout perempuan pertama asal Arab Saudi (Foto: Instagram)

CILEGON, iNews Cilegon.id - Nora Al Matrooshi menjadi salah satu wanita Arab yang mencatatkan sejarah di dunia. Perempuan asal Uni Emirat Arab (UEA) ini menjadi wanita berdarah Arab pertama di dunia yang menjadi astronaut. Kehadiran Nora Al Matrooshi menjadi inspirasi bagi National Aeronautics and Space Administration (NASA) untuk mendesain hijab khusus astronout.

Dikutip dari Khaleej Times, dia terpilih di antara ribuan pendaftar lain dalam Program Astronaut Uni Emirat Arab, April 2021. Nora bersama Mohammad Al Mulla dipilih dari sekitar 4.000 pendaftar yang nantinya akan mengikuti pelatihan dengan NASA untuk misi luar angkasa di masa depan.

Pada September 2021, Nora Al Matrooshi terbang ke Johnson Space Center NASA untuk berlatih dalam Kelas Calon Astronaut NASA tahun 2021. Program tersebut diikutinya mulai 1 Januari 2022 dan akan berlangsung selama dua tahun.

Sebelum terpilih menjadi astronaut wanita Arab pertama, Nora merupakan seorang insinyur mekanik dari Universitas Uni Emirat Arab. Sejak dini, dia sudah memiliki cita-cita untuk mengembangkan sektor luar angkasa di UEA dan pada akhirnya mendapat kesempatan untuk menjadi astronaut dan melakukan misi luar angkasa.

Dia menjadi salah satu dari wanita Arab yang mencatatkan sejarah, termasuk Perdana Menteri wanita pertama Tunisia, Najla Bouden, serta beberapa wanita lainnya. Lantas siapakah Nora Al Matrooshi?

10 fakta Nora Al Matrooshi

Dilansir cilegon.inews.id dari berbagai sumber, berikut 10 fakta tentang Nora Al Matrooshi

1.  Al Matrooshi adalah wanita Emirat pertama yang dipilih sebagai astronot.

2. Al Matrooshi dan Al Mulla mengikuti jejak dari Letkol Hazza Al Mansouri, orang Emirat pertama di luar angkasa, dan Dr Sultan Al Neyadi, sekarang Menteri Negara untuk Urusan Pemuda, yang meluncur dalam misi enam bulan di atas ISS tahun lalu.

3. Al Matrooshi lahir pada tahun 1993 di emirat Sharjah. Dia mendapatkan gelar sarjana dalam bidang teknik mesin dari Universitas Uni Emirat Arab pada tahun 2015

4. Dia dipilih dari lebih dari 4.000 kandidat untuk menjalani pelatihan untuk misi eksplorasi luar angkasa di masa depan.

5. Dia adalah anggota The American Society of Mechanical Engineers dan saat ini bekerja sebagai insinyur di National Petroleum Construction Company.

6.  Al Matrooshi mengelola proyek-proyek untuk Abu Dhabi National Oil Company.

7. Dia dipilih untuk Program Duta Muda Uni Emirat Arab tahun 2013 di Korea Selatan

8. Dia sangat ahli dalam matematika dan rekayasa. Dia meraih peringkat pertama di Uni Emirat Arab untuk Olimpiade Matematika Internasional tahun 2011.

9. Dia mewakili Uni Emirat Arab dalam Konferensi Pemuda Internasional PBB pada tahun 2018 dan 2019.

10. Dengan ambisi yang besar, Al Matrooshi pertama kali bermimpi menjadi astronot sejak kecil. Al Matrooshi mengatakan kepada France 24 dalam sebuah wawancara bahwa kecintaannya pada luar angkasa pertama kali muncul ketika dia masih muda saat mengikuti kegiatan kelas seni dan kerajinan untuk membuat peralatan astronot dan ruang kelas diubah menjadi luar angkasa. 

“Hari itu adalah hari dimana saya mulai ingin menjadi astronot ketika saya besar nanti,” kenangnya.

Itulah 10 fakta Nora Al Matrooshi satu-satunya astronout perempuan berhijab asal Arab Saudi. Semoga bermanfaat!

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut