5 Hacker Asal Indonesia Bobol Satelite China hingga Situs NASA, Cek Faktanya!

Ila Nurlaila Sari
.
Minggu, 18 September 2022 | 13:31 WIB
5 Hacker Hebat asal Indonesia (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Seperti diketahui, baru-baru ini publik dibikin heboh lantaran aksi Bjorka yang meresahkan pemerintah indonesia. Sebab, hacker satu ini diketahui bisa meretas sejumlah data Kominfo, BIN (Badan Intelijen Negara) hingga Presiden Jokowi.

Kendati demikian, tak hanya Bjorka yang sukses meretas beberapa situs di Indonesia lho. Lalu, siapa saja hacker terhebat asal Indonesia yang ditakuti dunia?

Dirangkum iNewsCilegon.id dari berbagai sumber, Minggu (18/9/2022) berikut deretan hacker terhebat asak Indonesia yang ditakuti dunia.

1. Sultan Haikal

Hacker pertama di Indonesia yang berhasil membobol beberapa situs di Indonesia yaitu bernama Sultan Haikal.

Pada tahun 2017 silam, Sultan Haikal menunjukan taringnya dengan membobol beberapa situs ternama Indonesia, seperti situs Go-Jek, Tiket.com, situs kepolisian, situs Pemda (pemerintah daerah) dan kementerian. Hal ini tentu membuat geger pemerintah di Indonesia dalam menanggulanginya.

2. Jim Geovedi

Hacker kedua terkenal di Indonesia yaitu Jim Geovedi.

Cara kerja hacker satu ini sangat gila yakni membobol satelit China, memanipulasi data keuangan  dan mengambil akses mengontrol traffic di Indonesia.  

Akibat kebolehannya dalam meretas, membuat Jim Geovedi kini bekerja untuk keamanan siber yang berada di London.

3. ADC Hacker

Hacker terkenal dari Indonesia ketiga yaitu ADC Hacker. 

Dalam prosesnya ADC Hacker mampu meretas hingga ribuan situs mulai dari pemerintah dan swasta dalam lingkup nasional maupun internasional.

Efek dari pembobolan ribuan situs yang dilakukan ADC, hacker satu ini meraup uang hingga  miliaran rupiah yang habiskan untuk foya-foya dan bersenang-senang.

4. MZSRBP dan SFR

Hacker selanjutnya yang terkenal di Indonesia adalah MZSRBP dan SFR. 

Kedua hacker ini sangat ciamik membobol beberapa situs pertahanan beberapa negara di dunia, salah satunya membuat rugi negara Amerika Serikat hingga 60 juta dollar. 

Tidak hanya itu saja, di saat pandemi kedua hacker ini membuat sebanyak 14 website palsu dan membuat penipuan. Alhasil kedua hacker tersebut  berhasil ditangkap.

5. Putra Aji

Selanjutnya salah satu hacker Indonesia yang paling di takuti beberapa negara di dunia yakni Putra Aji. 

Mengapa demikian? 

Sebab di tahun 2019 lalu, remaja muda 15 tahun asal Tangerang ini  berhasil membobol situs NASA lewat tangannya. 

Namun hal yang dilakukan Putra Aji masuk dalam golongan White hat hacker yang hanya mencoba mengetes keamanan suatu situs.

Editor : Mahfud
Bagikan Artikel Ini