get app
inews
Aa Read Next : Pertama di Dunia Ada Jalan Nusantara di Gedung UNESCO, Indonesia Bangga

Fantastis! Miliki 800.000 Masjid, Indonesia Tempati Urutan Pertama Masjid Terbanyak di Dunia

Jum'at, 10 Mei 2024 | 12:47 WIB
header img
Indonesia jadi tempati urutan pertama negara dengan jumlah masjid terbanyak didunia setelah India dan Bangladesh (Foto: Istimewa)

CILEGON, iNews Cilegon.id - Jumlah pemeluk Islam di dunia terus mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dalam sebuah riset dari Pew Research Center; diperkirakan pada tahun 2050, jumlah Muslim tumbuh 2,76 miliar atau 29,7% dari populasi dunia. 

Hal ini akan berdampak pada jumlah pembangunan masjid sebagai sarana ibadah umat muslim di seluruh dunia. Mengutip data dari TRT World, jumlah masjid di seluruh dunia kurang lebih sekitar 3,6 juta masjid. Namun, sebagian besar masjid berada di negara dengan populasi muslimnya terbanyak juga.

1. Indonesia, 800.000 Masjid

Dilansir dari berbagai sumber, terungkap bahwa Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah masjid terbanyak didunia dengan jumlah sebanyak 800.000 masjid di Indonesia.

Atas dasar data itulah, Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan jumlah masjid terbanyak di dunia yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Namun berdasarkan data Sistem Informasi Masjid (SIMAS) Kemenag RI, jumlah masjid dan mushala di Indonesia terdapat 741.991.

2. India, 400.000 Masjid

Sementara diurutan kedua, terdapat negara India dengan jumlah masjid sebanyak 400.000, jumlah pemeluk agama islam di India memiliki banyak pengikut kedua setelah agama Hindu.

Sehingga tidak heran jika India menjadi negara dengan jumlah masjid terbanyak kedua di dunia. 

3. Bangladesh, 350.000 Masjid

Kemudian disusul Bangladesh diurutan ketiga, dengan jumlah masjid 350.000 masjid. Bangladesh merupakan negara dengan populasi Muslim terbanyak ke-4 di dunia.

Umat muslim menjadi pemeluk agama terbanyak dengan komposisi 89%, sedangkan hindu 10%, disusul 0,9% agama lain seperti Buddha dan Kristen. 

Meskipun populasi muslimnya berada di urutan ke-4 di dunia, tapi jumlah masjidnya berada di urutan ke-3. Diperkirakan ada 300 ribu masjid di Bangladesh.

Itulah daftar 3 negara dengan jumlah masjid terbanyak di dunia. Semoga bermanfaat!

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut