get app
inews
Aa Read Next : Wow! Santri Pintu Langit Cilegon Terjun Bersihkan Sampah di Seba Badui

Berdiri Sejak 1931 Pabrik Sepatu BATA di Indonesia Akhirnya Ditutup, 4 Tahun Merugi

Rabu, 08 Mei 2024 | 08:37 WIB
header img
Empat tahun merugi pabrik Sepatu merk Bata akhirnya ditutup pada 3 Mei 2024 (Foto: Istimewa)

PURWAKARTA, iNews Cilegon.id - 4 tahun merugi akibat persaingan dan pergeseran selera konsumen mengakibatkan kurangnya permintaan menjadi alasan tutupnya BATA. Bata atau T&A Bata Shoe Company merupakan bagian dari Bata Shoe Organization (BSO) dan terdaftar di Zlin, Cekoslowakia oleh dua bersaudara, yaitu Tomas Anna dan Antonin Bata pada 1894.

Dilansir cilegon.inews.id dari berbagai sumber, pada 15 Oktober 1931 perusahaan sepatu Bata resmi berdiri di Hindia Belanda yang kini bernama Indonesia, pada awalnya Bata merupakan importir sepatu untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat Hindia Belanda yang beroperasi di Tanjung Priok.

Enam tahun kemudian, Tomas Bata mendirikan pabrik Sepatu di tengah perkebunan karet di area Kalibata, beralamat di Jl. Kalibata Raya Jakarta Selatan. Selanjutnya produksi sepatu terjadi mulai tahun 1940.

Pada tahun 1982, PT Sepatu Bata TBK terdaftar di Jakarta Stock Exchange. Adapun pabrik di Purwakarta telah berdiri sejak tahun 1994.

Sejak 30 April 2024 pabrik BATA yang berada di Purwakarta berhenti berproduksi, pada Jumat 03 Mei 2024 pihak manajemen mengumumkannya ke publik.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut