get app
inews
Aa Read Next : Pendaftar Identitas Kependudukan Digital (IKD) Kota Cilegon Capai 13.079 Warga

305 Anak di Cilegon Kembali Sekolah, Gerakan Sekole Maning Lur

Jum'at, 05 Juli 2024 | 05:18 WIB
header img
Kepala Dindikbud Kota Cilegon Heni Anita Susila. Foto: Diskominfo

CILEGON, iNews Cilegon.id – Gerakan Sekole Maning Lur membuat 305 anak Cilegon yang sempat putus sekolah kembali ke sekolah.

Gerakan Sekole Maning Lur merupakan salah satu inovasi yang ditujukan bagi anak yang putus sekolah agar kembali mengenyam pendidikan baik melalui sekolah formal maupun non-formal.

"Di Kota Cilegon yang putus sekolah sudah kita data ada sekitar 428 anak. Nah, dari jumlah itu sebanyak 305 di antaranya sudah kita kembalikan ke sekolah. Artinya mereka sudah masuk ke sekolah lagi dengan normal," kata Kepala Dindikbud Kota Cilegon Heni Anita Susila, Kamis (4/7/2024).

Gerakan Sekole Maning Lur diluncurkan pada Gebyar Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis, 4 Juli 2024.

"Kita sudah siapkan baik sekolah formal maupun non-formal kesetaraan paket A, B dan C bagi yang sempat putus sekolah. Yang belum kembali sekolah, kita upayakan terus," jelas Heni. 

Bahkan, lanjut Heni, ada tujuh anak berkebutuhan khusus yang juga sempat putus sekolah akan difasilitasi oleh Dindikbud Kota Cilegon untuk mengikuti program kesataraan paket A, B dan C. 

"Targetnya adalah peningkatan partisipasi masyarakat akan pendidikan. Dengan demikian nanti akan berdampak pada rata-rata lama sekolah masyarakat Kota Cilegon yang sekarang masih di angka 13 poin. Artinya rata-rata lama sekolah warga Cilegon baru kira-kira semester I kuliah," katanya.

Heni menegaskan Pemkot Cilegon tengah fokus pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) agar Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Cilegon terus meningkat. 

"Makanya untuk meningkatkan IPM, Pak Wali menggencarkan program beasiswa full sarjana. Target kita ingin agar rata-rata lama sekolah di Cilegon bisa mencapai rata-rata 16 tahun. Artinya rata-rata penduduk Cilegon minimal sarjana," harapnya.

Sekretaris Dindikbud Kota Cilegon Humaedi menambahkan, selain launching Gerakan Sekolah Maning Lur, pihaknya juga menggelar berbagai acara pada Gebyar Hardiknas tersebut. 

"Ada gerakan satu pelajar satu rekening, ini program Kemendikbud, bazaar UMKM, informasi beasiswa, informasi perizinan sekolah, dan lain-lain," katanya

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut