Logo Network
Network

Australia Akan Kirim Senjata Perang untuk Ukraina Senilai 50 Juta Dolar AS

Mohamad Hidayat
.
Selasa, 01 Maret 2022 | 12:31 WIB
Australia Akan Kirim Senjata Perang untuk Ukraina Senilai 50 Juta Dolar AS
Perdana Menteri Australia Scott Morrison (Foto: Darrian Traynor/Pool via REUTERS)

SYDNEY, iNews.id - Australia menjanjikan akan memberi bantuan sebesar 50 juta dolar AS atau setara dengan Rp717 miliar kepada Ukraina. Uang tersebut untuk mendanai kebutuhan senjata pertahanan termasuk misil dan amunisi.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan bahwa mayoritas pendanaan senjata baru untuk Ukraina akan berada dalam kategori mematikan.
 
“Kami berbicara tentang rudal, kami berbicara tentang amunisi, kami berbicara tentang mendukung mereka dalam membela tanah air mereka sendiri di Ukraina, dan kami akan melakukan itu dalam kemitraan dengan NATO," kata Scott Morrison kepada wartawan, Selasa (1/3/2022), dikutip dari reuters.com.

Morrison mengatakan akan mengirimkan senjata tersebut dengan cepat.

Morrison juga mendesak warga Australia untuk tidak bepergian, apalagi bergabung dengan milisi Ukraina dalam memerangi militer Rusia, karena posisi hukum sipil asing tidak jelas. "Jangan lakukan itu," pinta Morisson.

Selain membantu kebutuhan senjata, Australia juga mengucurkan dana kemanusiaan sebesar 25 juta dolar AS kepada organisasi internasional yang akan digunakan untuk kebutuhan tempat tinggal, makanan, perawatan medis, air, dan pendidikan warga Ukraina.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini