get app
inews
Aa Read Next : Ciptakan Lingkungan Bebas Banjir, Kecamatan Ciwandan Bangun Kolaborasi Dengan Industri

Pendaftar Identitas Kependudukan Digital (IKD) Kota Cilegon Capai 13.079 Warga

Selasa, 01 Oktober 2024 | 07:18 WIB
header img
Identitas Kependudukan Digital. Foto: Diskominfo

CILEGON, iNews Cilegon.id – Pendaftar Identitas Kependudukan Digital (IKD) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Cilegon terus meningkat. Hal itu tidak lepas dari upaya Dukcapil yang terus menyosialisasikan IKD kepada masyarakat.

Berdasarkan data pada Dukcapil Kota Cilegon, tahun 2024 selama Januari sampai September terdapat 13.079 dari jumlah penduduk 476.867 jiwa. Meningkat dari tahun 2023 terdapat 11.708 dari jumlah penduduk 470.378 jiwa.

Kepala Dukcapil Kota Cilegon Eva Sarifah mengatakan, upaya sosialisasi terkait IKD masih terus digencarkan di setiap kecamatan secara langsung maupun melalui sosial media.

“IKD ini mudah untuk melakukan pelayanan di mana saja, tinggal dibuka aplikasinya. Kami selalu sosialisasi secara langsung kepada masyarakat,” kata Eva, sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Senin 30 September 2024.

Menurut Eva, IKD sama seperti KTP, tapi dalam bentuk digital yang dibuka melalui perangkat telepon genggam berbasis andorid dan iphone.

"Ini akan memudahkan dalam melakukan berbagai pelayanannya lengkap. IKD ini awal adanya tahun 2022, hanya bisa untuk android. Tapi sejak 2023 bisa untuk iphone juga,” ucapnya.

Selain bisa dilakukan sendiri melalui telepon pintar, kata Eva, pendaftaran IKD juga dapat dilakukan dengan datang ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Cilegon atau ke kantor kelurahan, kecamatan dan Dukcapil.

“43 Kelurahan di Kota Cilegon seluruhnya sudah dilakukan sosialisasi untuk pembuatan pendaftaran IKD,” paparnya.

Sementara itu, Ahli Muda pada Disdukcapil Cilegon, Robby Santika menyampaikan, dalam meningkatkan capaian IKD, pihaknya bahkan telah melakukan jemput bola di sejumlah wilayah di Kota Cilegon. Bekerja sama dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk terjun langsung melayani masyarakat seperti ke pasar-pasar dan sekolah.

"Selain melayani masyarakat yang belum memiliki KTP untuk melakukan perekaman dan pencetakan KTP-EL, kami juga terus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk melakukan aktivasi KTP-EL ke layanan KTP digital," terangnya.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut