get app
inews
Aa Read Next : Pantes jadi Rebutan, Ternyata Dana Pensiun Anggota DPR RI Cukup Menggiurkan

Mahyudin Tegaskan Sosialisasi 4 Pilar MPR Masih Urgen Dilaksanakan!

Rabu, 23 Maret 2022 | 14:26 WIB
header img
Wakil Ketua DPD RI Mahyudin (foto; sindonews.com)

BALIKPAPAN, iNews.id  – Wakil Ketua DPD RI Mahyudin mengungkapkan sosialisasi Empat Pilar MPR penting dilaksanakan karena merupakan perintah dari Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3).

Hal tersebut disampaikan Mahyudin saat melakukan kegiatan sosialisasi 4 pilar MPR-RI bekerja sama dengan Kerukunan Keluarga Turatea Jeneponto KKTJ, di Balikpapan, Minggu (20/3/2022).

“Dalam undang-undang itu, MPR tambahnya, mendapat tugas menyosialisasikan Empat Pilar MPR, yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Mahyudin dalam rilisnya, Rabu (23/3/2022)

Mahyudin menuturkan sejumlah alasan mengapa setiap anggota MPR masih urgen untuk menyosialisasikan Empat Pilar MPR. Salah satunya, karena didasari masih lemahnya penghayatan dan pengamalan agama serta munculnya pemahaman agama yang keliru dan sempit.

"Seperti munculnya radikalisme yang melahirkan terorisme. Ini harus diantisipasi agar jangan sampai ada anggota masyarakat yang terpapar radikalisme dan terorisme," katanya.

Di dalam forum yang dihadiri oleh sekitar 150 peserta itu, senator asal Kalimantan Timur itu juga menyampaikan pesan penting mengenai prinsip “di mana bumi di pijak, di situ langit dijunjung”.

Prinsip itu, menurut Mahyudin sangat penting dilaksanakan bagi semua warga yang tinggal di suatu daerah, sehingga bisa meminimalisir konflik sosial akibat fanatisme kedaerah.

“Sebab kita harus menyadari, bahwa masih adanya pengabaian terhadap kepentingan daerah, dan timbulnya fanatisme kedaerahan hal ini seiring terjadinya disparitas pembangunan pusat dan daerah yang butuh waktu untuk diperbaiki," ujarnya.

Dalam forum yang sama, Wakil Ketua Bidang Organisasi KKTJ Balikpapan Syaripah Annisa, mengatakan bahawa KKTJ Balikpapan telah resmi terdaftar pada Kesbangpol Balikpapan, sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan. Terkait Sosialisasi 4 Pilar MPR sebagai program awal organisasi ini, menurutnya sangat bermanfaat dilaksanakan.

"Harapannya semoga anggota KKTJ dapat mencermati dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari hari sebagai warga kota juga sebagai warga negara yang baik," kata Syaripah Anissa.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut