get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Pohon Pule, Pohon Purba Berharga Fantastis yang Bakal Menghiasi Istana IKN di Kaltim

Mahyudin: Sulbar Harus Agresif Tunjukkan Potensi Sebagai Daerah Penyangga IKN

Sabtu, 12 Februari 2022 | 19:45 WIB
header img
Wakil Ketua DPD RI Mahyudin (foto; sindonews.com)

MAMUJU, iNews.id - Sulawesi Barat (Sulbar) dengan potensi yang dimilikinya akan meraih berbagai keuntungan dari pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Letak geografisnya yang berdekatan dengan IKN membuat Provinsi itu bisa berperan sebagai gerbang menuju IKN dari Pulau Sulawesi.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPD RI Mahyudin dalam kunjungan kerja bersama beberapa anggota DPD RI di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat, (11/2/2022).

Meski memiliki keuntungan secara geografis sebagai gerbang menuju IKN baru dari Pulau Sulawesi, namun menurut Mahyudin, Sulawesi Barat memerlukan gebrakan yang lebih inovatif dan agresif.

"Saya melihat bahwa Sulbar ini punya keuntungan secara geografis, karena posisinya coast to coast sangat dekat dan langsung berhadapan dengan IKN baru di Kaltim," kata Mahyudin dalam keterangan tertulisnya.

Tapi jangan hanya itu, lanjut Mahyudin, Sulbar harus dapat meyakinkan bahwa ia mampu memenuhi kebutuhan supply terutama komoditas pertanian dan hortikultura sehingga bisa dilirik pasar IKN.

Selain memiliki potensi dari sisi letak geografis, serta hasil pertanian dan holtikultura, senator asal Kalimantan Timur itu juga melihat adanya potensi budaya dan panorama alam Sulawesi Barat yang dianggapnya unik dan menarik.

"Setelah dua hari di sini, saya juga menyadari bahwa Mamuju ini punya keistimewaan lain, yaitu budaya yang unik, serta potensi alamnya yang sangat indah, cocok untuk dijadikan kawasan pariwisata", kata Mahyudin.

Sejak mendarat di Mamuju pada Kamis pagi (10/2/2022), secara maraton Mahyudin beserta rombongan juga telah meninjau berbagai proyek fisik yang sedang dikerjakan oleh Pemprov Sulawesi Barat.

Seperti pengembangan Bandara Tampa Padang, melihat progres pembangunan jalan nasional arteri Sulawesi Barat, pelaksanaan pembangunan Jalan ruas Sumare/Rangas, pembangunan jembatan di depan Danrem, dan lain-lain.

Dalam kunjungan kerja itu, Mahyudin didampingi beberapa anggota DPD RI asal Sulawesi Barat, antara lain Almalik Pababari, Andri Prayoga Putra Singkarru, Ajbar dan Iskandar Muda Baharuddin Lopa.

Hadir pula para anggota DPD RI dari luar Sulawesi barat, antara lain Fernando Sinaga (Kaltara), Hasan Basri (Kaltara), dan Habib Said Abdurrahman Al-Baghaits (Kalteng).

Dalam berbagai kunjungan kerja tersebut, turut didampingi oleh pihak Pemprov Sulbar yang diwakili oleh Wakil Gubernur Sulbar Enny Anggraeni Anwar serta Sekdaprov Sulbar Muhammad Idris.

Editor : Mumpuni Malika

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut