get app
inews
Aa Read Next : Kementan Bantu Pompanisasi Sawah Tadah Hujan di Banten

Gunung Anak Krakatau Erupsi Lagi, Semburkan Abu Vulkanik 2.157 Meter

Jum'at, 25 Maret 2022 | 09:27 WIB
header img
Anak Krakatau Erupsi Lagi (Foto: Cagar Alam Kepulauan Krakatau)

CILEGON, iNews.id - Terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau pada hari Jumat, 25 Maret 2022, pukul 05:26 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 2000 m di atas puncak (± 2157 m di atas permukaan laut).

"Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 56 mm dan durasi 176 detik," tulis laporan Badan Geologi seperti dikutip, Jumat (25/3/2022).

Erupsi kedua terjadi selang dua jam dari letusan pertama. Pada pukul 07.04 WIB, Gunung Anak Krakatau erupsi untuk kedua kalinya, letusan ini tercatat lebih kecil dibanding pertama. Tinggi kolom abu mencapai 1 kilometer di atas kawah.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 56 mm dan durasi 49 detik," kata dia.

Tim pengamanan Cagar Alam dan Cagar Alam Laut Kepulalauan Krakatau pagi ini kembali melakukan pemantauan kawasan. Namun karena kondisi Anak Krakatau yang sedang aktif, tim hanya dapat melakukannya pada jarak aman.

"Dilaporkan kondisi terkini pagi ini, Anak Krakatau masih mengeluarkan abu vulkanik dari puncak kawah yang mengarah ke timur. Kondisi angin sepoi-sepoi dari arah barat dan ombak laut cukup tenang," tulis Cagar Alam Kepulauan Krakatau, Jumat (25/3/2022).

Tidak terpantau adanya aktivitas yang diduga dapat merusak keutuhan kawasan, sehingga kondisinya aman dan terkendali.

Sebelumnya, terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau pada hari Kamis, 24 Maret 2022, pukul 09.12 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 500 m di atas puncak (± 657 m di atas permukaan laut).

 

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut