get app
inews
Aa Read Next : 3 Manfaat Ikan Salmon Sashimi untuk Kesehatan

Air Nabeez, Minuman Kegemaran Rasulullah di Bulan Ramadan

Minggu, 03 April 2022 | 20:56 WIB
header img
Air Nabeez merupakan minuman sunnah kegemaran Rasulullah, yakni jenis air dari hasil rendaman buah kurma (foto. inewscilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id – Buah kurma sudah menjadi menu sajian khas saat di bulan Ramadan. Bahkan bukan rahasia lagi, kalau buah kurma ini menjadi makanan kegemaran Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam untuk berbuka dan sahur.

Buah yang berasal dari Timur Tengah ini juga dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain buahnya yang bisa dikonsumsi secara langsung, ternyata sejak zaman dahulu kala Rasulullah sudah rutin minum air rendaman kurma (Nabeez atau disebut juga Nabidh atau Nabedh)

Dari kutip beberapa sumber, iNewsCilegon berusaha merangkum, Ahad (3/4) bahwa Air Nabeez merupakan minuman sunnah kegemaran Rasulullah yang merupakan jenis air dari hasil rendaman buah kurma.

Pada dasarnya, air nabeez adalah sejenis infused water, karena menggunakan buah-buahan yang direndam air untuk memberikan rasa dan aroma pada air putih.

Air nabeez ini merupakan air tonik alkalin yang sangat bermanfaat untuk menjaga metabolisme, menghapus kadar keasaman pada lambung, membersihkan sisa metabolisme dari tubuh, meningkatkan fungsi pencernaan dan menambah daya ingat.

Selain itu, air nabeez juga dapat memperbaiki masalah limpa, hati. Dan bagi pasien yang memiliki masalah arthritis dan asam urat, maka dengan mengkonsumsi air nabeez ini bisa jadi salah satu alternatif terapi untuk kesehatan bagi penderitanya.
 


Air Nabeez merupakan jenis air dari hasil rendaman buah kurma (foto. inewscilegon)


Cara Buat Air Nabeez
Cara membuat air nabeez ini cukup mudah, hanya dengan merendam beberapa butir kurma dengan segelas air. Jika ikuti Sunnah Nabi, ambil bilangan ganjil 3/5/7 butir kurma. Airnya baru diminum setelah 10-12 jam kemudian.

Bisa juga air rendaman kurma Nabeez dibuat waktu sahur, untuk diminum saat buka puasa. Sebaliknya, bila diminum untuk sahur, maka bisa dibuat saat berbuka puasa.

Berdasar pengalaman dari seseorang yang disiplin minum air nabeez, meskipun saat sahur hanya makan sedikit namun badan terasa lebih bertenaga, puasa pun tetap segar dan fit.

Dan saat berbuka juga sama, sebelum makan makanan besar, terlebih dulu berbuka dengan air Nabeez.

Perlu diingat, bahwa Air Nabeez ini tidak boleh dibiarkan lebih dari 2 - 3 hari, karena akan menyebabkan fermentasi dan tidak boleh lagi dikonsumsi.

Kenapa? Karena saat proses fermentasi sudah berlangsung maka ini awal terbentuknya alkohol. Artinya, minuman tersebut menjadi bagian dari minuman beralkohol dan hukumnya menjadi haram.

Jadi sebaiknya minum daily fresh (segar tiap hari) saja bila akan membuat air Nabeez ini. Bikin pagi minumnya saat berbuka puasa. Bikin sore diminumnya waktu sahur.

Bahkan kurma yang direndam bisa langsung dimakan setelah airnya diminum. Kurma terasa lebih nikmat dan lembut.

Selamat mencoba, In Syaa Allah akan melihat manfaatnya dalam beberapa hari mengkonsumsi Air Nabeez ini.

Editor : Mumpuni Malika

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut