get app
inews
Aa Read Next : Helldy Intruksikan Dinkes, Dinsos dan BPBD Bantu Korban Terbakarnya Kapal Ferry KMP Royce 1

Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Merak Melonjak 20 Persen

Sabtu, 23 April 2022 | 10:19 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Okezone)

CILEGON, iNewsCilegon.id - PT ASDP Indonesia Ferry selaku pengelola Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, memprediksi arus mudik lebaran tahun 2022 melonjak signifikan hingga 20 persen dibandingkan tahun 2019.

Pantauan iNews Cilegon hingga Sabtu (23/4/2022) dinihari pemudik terlihat terus memadati Pelabuhan Merak untuk penyebrangan menuju pulau Sumatera

General Manager PT ASDP Merak, Lutfi Pratama, mengatakan lonjakan disebabkan adanya aturan kelonggaran perjalanan dari pemerintah yang mengizinkan mudik dilaksanakan tahun ini.

"Pemerintah Indonesia akhirnya mengizinkan aktivitas perjalanan menjelang hari raya atau mudik dengan sejumlah persyaratan kesehatan yang harus dilengkapi oleh pelaku perjalanan," kata Lutfi, Sabtu (23/4/2022).

Berdasarkan persyaratan tersebut, lanjut Lutfi, PT ASDP Merak menyiapkan sejumlah strategi untuk mengatur volume perjalanan maupun kendaraan yang datang ke lokasi ini dan hendak melanjutkan perjalanannya ke pulau Sumatera.

"Kebijakan diperbolehkannya mudik itu diprediksi bakal meningkatkan animo warga yang sudah rindu untuk merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah di kampung halamannya, sehingga diperlukan skema untuk mengatur pelaku perjalanan atau mobilitas masyarakat agar tidak terjadinya kemacetan panjang," jelas Lutfi.

Puncak arus mudik diprediksi bakal berlangsung tiga hari dari tanggal 28-30 April 2022, seiring datangnya cuti bersama hari raya Idul Fitri.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut