get app
inews
Aa Read Next : 3 Manfaat Ikan Salmon Sashimi untuk Kesehatan

Resep Jitu Ray Kroc Kembangkan Restoran McDonald's ke Penjuru Dunia

Minggu, 15 Mei 2022 | 17:20 WIB
header img
Ray Kroc membeli restoran McDonald's dari dua orang pendiri. Di tangannya, McD berkembang ke seluruh penjuru dunia (Foto: Wikipedia)

DEPOK, CilegoniNews.id – Restoran cepat saji McD sudah menyebar ke penjuru dunia termasuk Indonesia. Kini tercatat 39.198 restoran McD di 119 negara.

Dibalik keberhasilan McDonald’s ada sosok pria yang berhasil mengubah strategi penjualan restoran cepat saji ini menjadi restoran favorit semua orang.

Sosok itu adalah Raymond Albert Kroc atau yang terkenal dengan sebutan Ray Kroc. Ray Krock lahir pada 5 Oktober 1902 di Oak Park, Illinois, Amerika Serikat.

Awal karir Kroc dimulai saat dia menjadi penjual mesin multi mixer atau mesin pengocok susu di seluruh wilayah Amerika.

Kroc mengenal McDonald’s, saat ia pergi ke San Bernardino, California pada tahun 1954, untuk menjual beberapa unit multi-mixer pada Dick dan Mac McDonald bersaudara.

Dick dan Mac McDonald bersaudara merupakan pendiri dan pemilik restoran McDonald’s yang pertama.

Saat itu Kroc kagum dengan efisiensi restoran yang beroperasi dengan sederhana. Pelanggan dilayani dengan cepat dengan menu-menu sederhana seperti hamburger, kentang goreng, dan milkshake.

Kroc melihat peluang besar di restoran cepat saji tersebut. Ia menawarkan untuk bekerja sebagai seorang agen. Kroc kemudian mendirikan McDonald’s System Inc, yang kemudian dikenal dengan McDonald’s Corporation, dan membuka cabang restoran pertamanya di Des Plaines, Illinois, Amerika Serikat pada tahun 1955.

Pada tahun 1959 jumlah cabang restoran McDonald’s mencapai 100 cabang. Namun Kroc belum memperoleh untung besar dari usaha ini.

Di tahun 1961 Kroc membeli perusahaan McDonald dari Dick dan Mac dengan dana pinjaman sebesar 27 juta dollar.

Di bawah kepemilikan Kroc, restoran McDonald dijalankan dengan beberapa perubahan kreatif baru namun masih mempertahankan karakter aslinya.

Sistem kerja yang diciptakan McDonald’s bersaudara di tahun 1940, masih digunakan untuk menyiapkan hamburger untuk pesanan pelanggan.

Dalam pengembangan bisnisnya, Kroc berfokus pada pertumbuhan restoran di daerah pinggir kota, untuk menargetkan pangsa pasar baru dengan makanan yang familiar dan harga yang murah.

Salah satu prinsip Kroc dalam membangun bisnisnya adalah “Untuk menjadi wirausahawan, kamu harus memiliki ego yang besar, rasa bangga yang luar biasa, dan kemampuan untuk menginspirasi orang lain untuk mengikuti jejakmu.”

Kisah perjalanan Ray Kroc sudah diangkat ke layar lebar dengan judul film ‘The Founder’ yang dibintangi oleh Michael Keaton sebagai Ray Kroc.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut