get app
inews
Aa Read Next : Curahkan Rasa Kangen, Zara Kenang Kepergian Eril Lewat Lukisan

Bagaimana Cara Selamatkan Diri saat Hanyut di Sungai, Berikut Tipsnya

Minggu, 05 Juni 2022 | 10:26 WIB
header img
Jangan melawan arus saat hanyut. (Foto: Istimewa)

CILEGON, iNewsCilegon.id-Peristiwa tenggelamnya putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yakni Emmeril Kahn Mumtadz (23) di sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis 26 Mei 2022, Membuat ramai jagat maya.

Hilangnya Eril, panggilan akrab Emmeril Kahn Mumtadz terbilang cukup tragis karena Eril terseret arus sungai Aare saat berenang bersama adik dan temannya.

Lalu, bagaimanakah cara menyelamatkan diri ketika berenang di sungai berarus deras? Yuk, simak 5 cara berikut ini:

1. Jangan Mencoba Melawan Arus

Hal ini banyak dilakukan karena berpikir dengan berenang melawan arus, maka tubuh akan bisa kembali maju ke titik awal. Hal ini adalah salah. Karena, melakukan cara tersebut malah akan membuat energi tubuh makin terkuras dan memperparah kondisi hingga akhirnya tenggelam. 

Hal ini juga sia-sia karena tubuh sangat sulit untuk melawan arus sungai sehingga dapat menyebabkan tubuh berputar-putar di air dan bisa menyebabkan tenggelam. 

2. Usahakan Kepala Tetap Berada di Atas Air

Ini adalah bagian yang terpenting, yaitu usahakan agar kepala tetap berada di atas permukaan air. Hal ini bisa membantu agar air tidak masuk ke dalam mulut dan malah akan membuat tenggelam.  

Menurut para ahli, pelampung di paru-paru manusia bisa menampung air sebesar 6 liter. Jadi, jika seseorang tidak terminum terlalu banyak air, maka ia tak akan tenggelam.

Mengapung dengan wajah menghadap ke atas juga bisa membantu. Dengan ini, lakukan teriakan untuk meminta tolong sebesar mungkin. Jadi, usahakan agar kepala selalu berada di atas. 

3. Berenang Secara Diagonal

Berenang secara diagonal atau secara miring 30 derajat dinyatakan bisa menyelamatkan diri ketika terseret arus atau hanyut di sungai beraliran yang deras. Disebutkan, berenang dengan cara ini akan membantu untuk mencapai ke pinggir sungai.

Jangan panik dan cobalah berenang secara perlahan secara diagonal menuju pinggiran sungai. Ingat! untuk tidak berenang secara horizontal karena dapat menyebabkan tubuh berputar-putar dan bisa memperparah kondisi. 

4. Raih Suatu Benda di Sekitar Sungai

Ketika merasa akan hanyut dan mulai terbawa arus, meski susah, usahakan diri tetap tenang. Cara pertama menyelamatkan diri saat hanyut di sungai adalah dengan meraih sesuatu atau benda apa pun di sekitar sungai. 

Usahakan tubuh terlentang atau menghadap ke atas agar mempermudah cara ini. Amati keadaan sekitar dan cobalah untuk meraih atau menjangkau benda apa pun yang ada di sekitar sungai. Misalnya, cobalah raih dahan pohon atau daun yang panjang. Setelah berhasil meraih benda tersebut, cobalah tarik diri ke arah benda tersebut hingga berhenti terhanyut.

5. Teriak Meminta Pertolongan

Jika ke empat cara diatas tak sempat dilakukan maka langkah terakhir adalah meminta pertolongan. Dengan cara berteriak sekencang mungkin. 

Semoga bermanfaat!

Editor : Novita Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut