get app
inews
Aa Read Next : Kalap Makan Daging saat Lebaran, Jangan Khawatir Netralkan dengan 3 Buah Ini

Libido Loyo, Buah dan Tanaman Ini Ampuh Lho

Minggu, 24 Juli 2022 | 00:00 WIB
header img
Sepasang suami istri berada dalam kondisi tak nyaman karena si suami mengalami penurunan gairah seksual. Foto: Hello Sehat

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Salah satu persoalan yang membuat kaum pria stres adalah menurunnya gairah seksual, sehingga alat kelamin pun seperti hibernasi dan malas untuk menampakkan kejantanannya.

Penurunan gairah seksual merupakan indikasi kurangnya minat pada seks. Kondisi ini dapat muncul akibat kombinasi faktor biologis, pribadi, dan hubungan dengan pasangan. Jika libido ini turun hanya sesekali, hal itu masih normal, misalnya karena sedang sakit atau karena hubungan yang sedang bermasalah dengan pasangan.

Namun, bagaimana jika gairah seksual menurun secara terus-menerus? Nah, ini perlu diwaspadai karena bisa saja menjadi tanda kalau kesehatan seksual tengah bermasalah.

Menurut Everyday Health, inilah penyebab yang dapat memicu penurunan gairah seksual pria:

- Stres

- Depresi dan gangguan kecemasan

- Kepercayaan diri sedang rendah

- Efek samping konsumsi alkohol dan narkoba

- Kurang tidur

- Efek samping sejumlah obat depresi, tekanan darah tinggi, dan penyakit lainnya

- Disfungsi ereksi

- Hormon testosteron rendah karena cedera, peradangan, tumor di testis, sampai sirosis hati

- Penyakit kronis seperti kanker, penyakit ginjal, jantung, HIV, diabetes

- Hubungan dengan pasangan sedang bermasalah

Jika Anda sedang dalam mengalami penurunan libido, tak usah khawatir, karena tak ada penyakit yang tidak ada obatnya. Allah SWT bahkan menyediakan obat untuk meningkatkan lagi libido Anda, dan bahannya ternyata Ada di sekitar Anda, dan relatif mudah didapat.

Inilah buah dan tanaman yang dipercaya memiliki khasiat untuk membangkitkan lagi gairah seksual yang loyo.

1. Putri Malu


Foto: Int

Anda pasti mengenal tanaman dengan nama latin mimosa pudica ini. Ciri khasnya adalah berduri, dan daunnya akan menutup jika disentuh.

Tanaman ini bisa tumbuh lebih dari satu meter, dan dapat ditemukan di semak-semak. Bunganya bulat berwarna pink.

Selama berabad-abad, tanaman Putri Malu digunakan sebagai ramuan tradisional untuk mengobati diare, wasir, diabetes, hingga dioleskan pada luka.

Belakangan diketahui kalau daun tanaman ini ternyata juga bermanfaat untuk obat kejantanan pria, dan bahkan dapat membuat pria kuat melakukan hubungan intim selama berjam-jam. Karena khasiatnya ini, daun Putri Malu dipercaya dapat pula membangkitkan kembali gairah seks yang menurun.

Mengapa tanaman ini memiliki banyak khasiat? Karena menurut penelitian, mimosa pudica memiliki kandungan antibakteri, antivenom, antifertilitas, antikonvulsan, antidepresan, afrodisiak, dan berbagai aktivitas farmakologis lainnya.

Berikut cara mengolah Putri Malu sebagai obat kuat:

- Ambil segenggam daun Putri Malu

- Rebus dengan satu atau dua gelas air, dan biarkan air rebusan tersisa hingga separuh

- Dinginkan dalam suhu ruangan, dan minum sehari sekali atau sesuai kebutuhan.

2. Buah Pinang Muda


Foto: Alodokter

Buah ini merupakan pavorit kaum lelaki yang telah mengetahui khasiatnya. Pohonnya tinggi menjulang dan sekilas mirip pohon palem, karena pinang (Areca catechu) memang tergolong tanaman jenis palem-paleman dari famili Arecaceae pada ordo Arecales.

Sejak zaman baheula, pinang telah dimanfaatkan untuk kesehatan. Bahkan pada abad ke-1 Masehi, tulisan medis Sansekerta mengklaim bahwa buah pinang memiliki 13 kualitas yang ditemukan di wilayah surga, karena dianggap ampuh mengatasi masuk angin, membunuh cacing, menghilangkan dahak, meredakan bau tak sedap, memperindah mulut, mendorong pemurnian, dan membangkitkan gairah.

Pohon pinang dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Papua. Buahnya bentuk bulat telur sungsang memanjang dengan panjang 3,5-7 cm. Dinding buahnya berserabut, berwarna hijau ketika masih muda dan berubah merah jingga jika masak.

Buah pinang memiliki rasa yang pedas, pahit, manis, asin dan astringen

Buah pinang muda dapat meningkatkan gairah seksual karena memiliki kandungan alkaloid berupa senyawa arekolin.

Cara mengonsumsi pinang muda sangat mudah. Belahlah buah pinang, lalu ambil bijinya. Biji ini dapat dimakan langsung, tetapi juga dapat diekstrak terlebih dahulu dengan cara direbus hingga air rebusannya berwarna merah, dan kemudian diminum sebagaimana layaknya minum teh, atau dijus dengan dicampur bahan lain yang dipercaya dapat meningkatkan khasiatnya, seperti kuning telur ayam kampung atau bebek, dan madu.

 3. Bayam


Foto: : Thinkstock

Anda pasti sering memakan tanaman jenis sayur mayur ini kan? Tanaman dengan nama latin Amaranthus ini berasal dari Amerika tropik, tetapi telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tanaman ini biasanya diolah menjadi sayur bening atau menjadi salah satu elemen sayuran dalam menu berupa pecel atau urap.

Popeye, karakter fiksi kartun yang diciptakan Elzie Crisler Segar, dan digambarkan berprofesi sebagai pelaut, sangat menyukai bayam, karena jika dia mengonsumsi bayam, maka otot biceps brachii-nya, yaitu otot yang memanjang dari lengan atas hingga ke siku, menjadi besar dan Popeye berubah menjadi pria perkasa yang dapat menghajar musuh-musuhnya dengan mudah.

Dulu kita mungkin tak tahu bahwa perubahan yang terjadi pada Popeye setelah mengonsumsi bayam bisa jadi merupakan simbol kalau dengan mengonsumsi bayam, orang bisa menjadi jantan, karena faktanya bayam mengandung zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan libido yang meloyo.

Bayam juga diketahui mengandung Indole-3-carbinol (C9H9NO), yang merupakan suplemen makanan yang banyak terkandung di dalam sayuran berdaun hijau. Indole-3-carbinol bertanggung jawab untuk menghentikan produksi hormon estrogen berlebih pada pria.

Seperti dilansir Menshealthwire, pria yang memproduksi hormon estrogen sangat sedikit akan cenderung memproduksi testosteron lebih tinggi atau lebih banyak. Karena itulah bayam baik dikonsumsi untuk membantu meningkatkan produksi hormon seksual pada pria.

Kandungan lain yang terdapat pada bayam adalah flavonoid dan nitrat yang sangat membantu dalam perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular.

Diet flavonoid dan nitrat dapat melengkapi oksida nitrat yang membantu meningkatkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah

Saat dikonsumsi, nitrat diubah menjadi nitrit oksida yang memiliki efek positif pada pembuluh darah, karena nitrit oksida membantu pembuluh darah melebar dan memperbaiki sirkulasi di semua organ utama, termasuk alat kelamin pria, dan dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung dan melawan disfungsi.

Untuk dapat meningkatkan libido, bayam sebaiknya dijus untuk dapat mendapatkan khasiatnya secara maksimal, dan diminum murni tanpa campuran bahan lain, terutama gula 

Namun, jika Anda sedang berobat, tanyakan ke dokter berapa banyak bayam yang ideal dikonsumsi untuk mengatasi masalah disfungsi seksual Anda 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut