get app
inews
Aa Read Next : Puskesmas Cilegon Gelar Pra Survei Reakreditasi: Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Khasiat Kelapa Muda dan Kelapa Ijo, mengatasi Rambut Rontok, Sakit Kepala hingga Keracunan

Minggu, 24 Juli 2022 | 09:57 WIB
header img
Khasiat Kelapa Muda dan Kelapa Ijo, mengatasi Rambut Rontok, Sakit Kepala hingga Keracunan (Foto): Ilustrasi

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Akhir pekan akan lebih jika berlibur ke pantai dan menikmati segarnya buah kelapa muda yang segar langsung dari pohonnya.

Selain menyegarkan, buah buah kelapa ternyata menyehatkan lho, karena mengandung banyak sekali manfaat untuk tubuh.

Kelapa (Cocos nucifera) adalah tanaman tropis yang termasuk dalam suku pinang-pinangan (Arecaceae).

Pohon kelapa biasanya tumbuh subur di pesisir pantai. Namun kini sudah banyak dibudidayakan pohon kelapa di berbagai daerah.

Hal tersebut tidak terlepas dari kegunaan pohon ini yang begitu banyak. Khusus buah kelapa juga mempunyai manfaat di semua bagiannya.

Lapisan kulit bisa diolah menjadi pupuk kompos, serabut kelapa bisa digunakan sebagai media tanam tumbuh-tumbuhan, tempurung kelapa untuk arang bakar, daging buah kelapa merupakan bahan baku pembuatan santan dan minyak kelapa, serta air kelapa menjadi minuman pelepas dahaga.

Jadi pohon kelapa merupakan tanaman yang memiliki sejuta manfaat.

Ada banyak orang yang suka meminum air kelapa sebab rasanya memang menyegarkan. Hingga kini banyak penjual air kelapa di pinggir-pinggir jalan raya sampai restoran.

Tetapi ada dua jenis kelapa yang biasa di jual untuk di ambil airnya yaitu kelapa ijo/hijau dan kelapa muda. Kebanyakan orang lebih memilih membeli buah kelapa hijau meskipun harganya lebih mahal. Kelapa ini memang berbeda dari kelapa muda.

Berikut ini perbedaan antara kelapa hijau dan kelapa muda, antara lain: 

Kelapa hijau mempunyai kandungan air yang lebih banyak daripada kelapa muda.

Oleh karena itu, kelapa hijau lebih menyegarkan. Rasa air kelapa hijau lebih manis. Sedangkan rasa manis pada kelapa muda samar-samar karena bercampur rasa gurih.

Daging buah kelapa hijau memiliki tekstur yang kenyal dan lembut. Berbeda dengan daging buah kelapa muda yang teksturnya agak keras.

Kelapa hijau mengandung lapisan daging buah yang lebih tipis. Semakin tua usianya, maka lapisan daging buah kelapa muda akan semakin tebal.

Kelapa hijau memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak daripada kelapa muda sehingga dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan penyakit tertentu.

Berbeda dengan kelapa muda, kelapa hijau sering kali digunakan di dalam upacara keagamaan. Kelapa ini juga sering digunakan sebagai sesajen.

Buah kelapa hijau di banderol dengan harga yang lebih mahal ketimbang kelapa muda. Bahkan selisihnya bisa mencapai dua kali lipat.

Meski harganya lebih mahal dibandingkan dengan kelapa muda, bahkan bisa lebih mahal sekitar dua kali lipat dibandingkan dengan harga kelapa muda, kelapa hijau tetap diminati banyak orang karena rasa air kelapanya juga lebih manis daripada kelapa muda.

Kelapa hijau merupakan salah satu jenis dari berbagai spesies yang pada pohon kelapa. Secara fisik sangat sulit untuk membedakan mana yang kelapa hijau dan biasa. 

Tapi, setelah di belah, baru terlihat perbedaannya. Kelapa hijau jika di kupas, seratnya berwarna merah. Rasa airnya rada pahit, tidak seperti kelapa hijau yang segar kendati tidak di campur dengan gula.

Nah, berikut ini ulasan singkat dari manfaat air kelapa hijau untuk tubuh kita.

Menetralisir racun dalam tubuh

Jika kamu keracunan makanan, maka sebaiknya kamu mengonsumsi air kelapa hijau, mengapa? Karena kandungan yang ada pada air kelapa hijau dipercaya bisa menetralisir racun dalam tubuh kamu.

Air kelapa hijau mengandung antidotum (anti racun) dan tanin yang sangat tinggi, serta kandungan zat kimianya yang menonjol berupa enzim, dapat mengurai racun yang ada dalam tubuh, sehingga racun pun dapat segera dikeluarkan dari tubuh kamu.

Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting pada tubuh, dan untuk menjaga kesehatannya disarankan untuk rutin mengonsumsi air kelapa hijau. 

Dengan rutin mengonsumsi air kelapa hijau, maka kesehatan ginjalmu dapat terjaga.

Menjaga kesehatan jantung

Tak hanya bisa menjaga kesehatan ginjal saja, air kelapa hijau juga dapat menjaga kesehatan jantung kamu, karena mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan jantung.

Mengatasi rambut rontok

Rambut kamu mengalami kerontokan? Sebaiknya coba gunakan saja air kelapa hijau untuk mengatasinya, karena kandungan laktuosa, glukosa, sakrosa dan mineral yang ada pada air kelapa hijau, terbukti sangat ampuh mengatasi rambut yang rontok karena ketombe. 

Cara menggunakan air kelapa hijau untuk mengatasi rambut rontok sangat mudah lho, yaitu dengan menyampurkan garam ke dalam air kelapa hijau hingga semalaman.

Setelah didiamkan semalaman, kemudian usapkan air kelapa hijau tersebut pada kepala kamu, dari kulit kepala hingga ujung rambut, lalu pijat-pijat sekitar 10 menit. 

Setelah selesai dipijat, bungkus rambut dengan handuk dan diamkan semalaman, lalu bilas keesokan harinya dengan menggunakan air hangat.

Mudah bukan caranya?

Mengatasi sakit kepala

Tak hanya sebagai penawar racun, Air kelapa hijau juga bisa lho mengatasi sakit kepala yang sedang kamu alami. 

Kandungan magnesium yang tinggi pada air kelapa hijau terbukti ampuh dapat mengatasi sakit kepala.

Menyembuhkan alergi pada kulit

Air kelapa hijau juga dapat mengatasi alergi kulit lho, mengapa bisa? Karena air kelapa hijau dapat mengurai virus, bakteri dan jamur yang menyebabkan alergi pada kulit. 

Nah, akan lebih efektif jika kamu mengonsumsi air kelapa hijau bersamaan dengan penggunaan salep agar alergi kulit yang sedang kamu alami dapat segera teratasi.

Begitu banyak manfaat air kelapa hijau, maka tak heran saat ini banyak orang yang mulai mengkonsumsi air kelapa hijau. 

Bila ada obat yang alami, untuk apa kita membeli obat-obatan kimia yang terkadang mempunyai efek samping bagi tubuh kita.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut