Peringati Kemerdekaan RI, Ini 5 Rekomendasi Film Perjuangan yang cocok Ditonton di Bulan Agustus

Ila Nurlaila Sari
.
Jum'at, 05 Agustus 2022 | 11:15 WIB
Ini rekomendasi film yang cocok ditonton dibulan agustus (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Bulan Agustus identik dengan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Banyak film yang mengangkat tema ini.

Film perjuangan ini untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap 17 Agustus.

Film perjuangan karya anak-anak muda Indonesia ini bertujuan untuk mengingat kembali para pahlawan Indonesia dalam merebut kemerdekaan.

Berikut 5 rekomendasi film perjuangan kemerdekaan Indonesia yang sangat cocok ditonton di bulan Agustus:

1. Merah Putih

Film merah putih merupakan film yang dirilis pada Tahun 2009. Film ini menceritakan suasana perang melawan Belanda setelah kemerdekaan pada Tahun 1947.

Jika kamu menonton film ini, kamu akan merasakan seakan akan terlibat suasana perang.

Film ini juga merupakan salah satu film nasional yang mendapat sentuhan Hollywood karena film ini melibatkan ahli ahli Hollywood dalam produksinya.

2. Guru Bangsa Cokroaminoto

Film ini menceritakan tentang haji Omar Said atau lebih dikenal dengan H.O.S Cokroaminoto.

Ia merupakan seorang tokoh yang sangat berjasa pada awal kemerdekaan Indonesia yang juga merupakan salah satu pemimpin organisasi pertama serikat Islam.

Melalui film ini, kamu akan menyaksikan perjalanan H.O.S Cokroaminoto yang menyadarkan masyarakat untuk merebut kemerdekaan ditengah kesulitan.

Pada waktu itu tidak ada akses pendidikan untuk masyarakat bahkan kemiskinan dimana mana. Selain itu, film ini juga mengisahkan pendirian organisasi serikat Islam.

3. Soekarno Indonesia Merdeka

Film ini sangat cocok untuk ditonton pada tanggal 17 Agustus karena film ini mengisahkan tentang Presiden pertama Indonesia yakni Ir. Soekarno.

Film ini dirilis pada Tahun 2013. Di film ini kamu akan mengikuti kisah presiden pertama Indonesia dari sejak kecil hingga detik detik proklamasi atau kemerdekaan Indonesia.

Dulu Soekarno kecil bernama Kusno karena sering sakit-sakitan akhirnya nama tersebut diganti oleh ayahnya menjadi Soekarno.

Dalam film ini, kamu juga akan melihat Soekarno tampil dengan pidato pidatonya yang penuh semangat.

Film ini juga begitu detail menceritakan peristiwa pengasingan Soekarno hingga detik detik proklamasi kemerdekaan Indonesia.

4. Darah Garuda

Film darah garuda merupakan film yang dirilis pada Tahun 2010. Film ini merupakan bagian kedua dari rangkain film 'Trilogi Merdeka'.

Film ini mengisahkan tentang 4 sekawan bernama Amir, Tomas, Dayan dan Marius yang bertemu dengan gerilyawan lainya.

Konflikpun muncul ketika kelompok tersebut berbeda pendapat dan terbukti terjadi penghianatan diantara mereka.

5. Hati Merdeka

Film Hati Merdeka merupakan film yang dirilis pada Tahun 2011, kelanjutan setelah film Darah Garuda dan merupakan bagian ketiga dari 'Trilogi Merdeka'.

Film ini merujuk kelanjutan dari film Merah Putih dan Darah Garuda. Keempat sekawan yang menjadi tokoh difilm sebelumya dikisahkan berpisah dan menjalani kehidupan masing masing.

Tokoh Amir diceritakan mengundurkan diri dari angkatan dan memilih menjadi guru sekolah dasar sedangkan Thomas, Marius dan Dayan bertugas ke Bali.

Editor : Mahfud
Bagikan Artikel Ini