Logo Network
Network

Terbukti Terima Suap, Istri Mantan PM Malaysia Diganjar 20 Tahun Penjara, Ini Profilnya

Ila Nurlaila Sari
.
Jum'at, 02 September 2022 | 11:52 WIB
Terbukti Terima Suap, Istri Mantan PM Malaysia Diganjar 20 Tahun Penjara, Ini Profilnya
Rohimah Mansur, istri Perdana Menteri Malaysia Najib Razak terbukti korupsi dan diganjar 20 tahun penjara (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Dalam sidang di Kuala Lumpur, pada hari Kamis (04/10/21), istri mantan Perdana Menteri Malaysia Rosmah menyatakan tidak bersalah atas 17 dakwaan yang ditujukan kepadanya.

Sehari sebelumnya ia resmi ditahan di kantor komisi pemberantasan korupsi di Putrajaya. Kasusnya terkait dengan kasus yang dihadapi Najib, yang menghadapi lebih dari 30 dakwaan pencurian yang dari badan investasi negara, 1MDB.

Lalu Siapakah Rosmah? Ini profilnya.

Rosmah lahir pada 1951 dan berasal dari Kuala Pilah, Negeri Sembilan, di Malaysia barat daya. Ia kuliah di jurusan sosiologi dan antropologi sebelum melanjutkan strata dua di Amerika Serikat.

Rosmah yang dikenal sebagai anak guru ini menikah dengan Najib pada 1987, pernikahan kedua, baik bagi Rosmah maupun Najib.

Najib ketika itu menjabat sebagai menteri pemuda dan olahraga. Pada 2009 Najib menjadi perdana menteri Malaysia.

Istri mantan perdana menteri Malaysia, Najib Razak dinyatakan bersalah atas meminta dan menerima suap.

Rosmah Mansor sebelumnya mengaku tidak bersalah atas tiga dakwaan suap dengan total 194 juta ringgit (Rp505 miliar) terkait dengan proyek energi surya di Sarawak.

Tapi pada Kamis (1/9/2022), hakim Pengadilan Tinggi menyatakan mantan perempuan nomor satu di Malaysia itu bersalah atas dakwaan tersebut.

Putusan ini dijatuhkan hanya beberapa hari setelah suaminya, Najib Razak, mulai mendekam di penjara selama 12 tahun atas kasus korupsi.

Rosmah dihukum 20 tahun penjara, dan dikenakan denda lebih dari lima kali dari jumlah suapnya.

Media, baik di dalam maupun luar negeri, memberitakan bahwa Rosmah "senang berbelanja".

Para pengguna media sosial di Malaysia sudah sejak lama membahas koleksi tas tangan mewah Rosmah, yang harga satuannya mencapai ribuan dolar.

Nilai total 567 tas tangan Rosmah yang disita polisi diperkirakan mencapai hampir US$13 juta atau setara dengan Rp197 miliar.

Najib mengatakan, hampir semua barang-barang yang disita aparat adalah pemberian atau hadiah.

Dalam otobiografi yang terbit pada 2013, Rosmah mengakui "membeli beberapa perhiasan dan baju dengan uangnya sendiri yang didapat dari hasil menabung sejak muda", kata media Malaysia, The Star.

Dalam otobiografi yang sama, Rosmah mengatakan "sebagai perempuan dan istri pemimpin, dirinya harus tampil necis dan rapi".

"Akan sangat memalukan jika orang-orang mengatakan istri perdana menteri tampil asal-asalan," kata Rosmah dalam otobiografi resminya.

Dalam biografi lain yang terbit tahun lalu, terdapat kartun Rosmah yang digambarkan memberi nasihat kepada sang suami.

"Dunia luar menaruh perhatian kepada kita. Hati-hati dengan sikap dan tindak tandukmu. Jangan sombong, jangan menyalahgunakan statusmu," kata Rosmah dalam kartun tersebut.

Perempuan 70 tahun ini dikenal menyukai barang-barang mewah dan perhiasan. Ketika kepolisian Malaysia menggeledah properti dari pasangan ini pada 2018 lalu, mereka menemukan kalung emas dan berlian senilai Rp23,8 miliar, 14 tiara, dan 272 tas Hermes. Wow! Fantastis.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.