get app
inews
Aa Read Next : Tak Main Tembak Seperti Irjen Sambo, Bripda Ade Mampu Tahan Emosi Saat Grebek Istrinya Selingkuh

Biang Kerok CCTV Mati Kasus Sambo, Ini Profil dan Biodata Kompol Chuck Putranto

Sabtu, 03 September 2022 | 10:55 WIB
header img
Kompol Chuck Putranto, lulusan Akpol 2006 yang dipecat karena merusak CCTV pembunuhan Brigadir J. (Foto: Istimewa/Akademi Kepolisian 2006)

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Kompol Chuck Putranto  dipecat melalui Sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) Kamis, 1 September 2022. Kompol Chuck Putranto dinyatakan menghalangi penyidikan (obstruction justice) karena merusak CCTV yang menjadi bukti kasus pembunuhan Brigadir J.

Jabatan terakhir Kompol Chuck Putranto adalah Kasubbagaudit Baggak Etika Rowabprof Divisi Propam (Divpropam) Polri. Dalam tindakan merusak CCTV, Kompol Chuck menyuruh Kompol Baiquni Wibowo, PS Kasubbag Riksa Bag Gak Etika Rowabprof Div Propam Polriuntuk menghapus rekaman kamera pemantau lokasi kejadian penembakan Brigadir J di Duren Tiga. Tujuannya agar tidak ada barang bukti dalam kasus tersebut.

Profil dan Biodata Kompol Chuck Putranto

Profil dan Biodata Kompol Chuck Putranto banyak dicari sejak mantan anggota Divisi Propam Polri ini menjalani sidang kode etik terkait kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. 

Dari penelusuran, Chuck Putranto merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 2006. Sebelum menjabat Kasubbagaudit Baggak Etika Rowabprof Divpropam Polri, perjalanan kariernya banyak dilalui di wilayah Belitung Timur (Beltim). Dia pernah menjabat Kanit Buser Polres Beltim pada 2009.

Pada 2011, Chuck yang sebelumnya berpangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda) dipercaya menjadi Kepala Kepolisian Sektor atau Kapolsek Manggar Polres Beltim. 

Pangkatnya naik menjadi Inspektur Polisi Satu atau Iptu pada 1 April 2012. Chuck Putranto juga pernah bertugas sebagai Kepala Satuan Reserse Kriminal atau Kasat Reskrim Polres Beltim.  Dari Polres Beltim, kariernya terus meningkat. Dia pernah menjabat Kepala Sub Unit II Sub Direktorat III Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri. 

Chuck Putranto dikenal dekat dengan mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo. Dia pernah bertugas di Satuan Tugas (Satgas) Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) pada 2017. Ferdy Sambo yang menjabat Kasubdit III Dittipidum Bareskrim Polri Kombes Ferdi Sambo saat itu juga menjadi Pelaksana harian Satgas TPPO. 

Saat Chuck di Satgas TPPO, satuan ini mendapat Penghargaan Hasan Wirayudha. Dilansir dari situs Akademi Kepolisian 2006, penghargaan langsung diberikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan diterima oleh Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Herry Rudolf Nahak didampingi Kasubdit III Dittipidum Polri Kombes Ferdi Sambo dan Kepala Satgas TPPO Polri AKBP Hafidh Herlambang.

Sambo kemudian menjabat Koorspripim Polri pada 2018-2019 dan ditugaskan menjadi Kadiv Propam Polri pada 2020. Chuck juga dimutasi ke Biro Tanggung Jawab Profesi atau Rowabprof dan menjabat Kasubbagaudit Baggak Etika Rowabprof Divpropam Polri. 

Namun, kariernya harus terhenti setelah diduga terlibat dalam menghalangi penyidikan kasus pembunuhan Brigadir J.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi Chuck Putranto dan sejumlah perwira lain yang terlibat pembunuhan mantan ajudan Ferdy Sambo itu ke bagian Pelayanan Markas (Yanma) Polri hingga akhirnya dipecat. 

Demikian biodata dan profil Kompol Chuck Putranto. Ia menyusul Irjen Pol Ferdy Sambo dipecat sebagai anggot Polri.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut