Hanya Ada di Ujung Kulon, Ini Fakta Unik Badak Bercula Satu Maskot Piala Dunia U20

Ila Nurlaila Sari
.
Selasa, 20 September 2022 | 13:38 WIB
Fakta unik Badak Cula Satu maskot Piala Dunia U20. Foto: Ilustrasi istimewa

BANTEN, iNewsCilegon.id - Maskot Piala Dunia U20 2023 sudah ditetapkan dan diresmikan oleh FIFA. Maskot yang bernama Badak Cula Cahaya (Bacuya) ini merupakan badak bercula satu yang sangat langka.

Badak bercula satu merupakan hewan yang dilindungi di Indonesia, yang hanya ada di Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten. 

Bahkan oleh organisasi internasional IUCN (International Union for Conservation of Nature), tercatat hewan ini jumlahnya sangat terbatas di bumi sehingga negara setempat wajib melindunginya.

Dirangkum iNewsCilegon.id dsri berbagai sumber, ternyata maskot Piala Dunia U20 ini mempunyai fakta-fakta unik yang jarang kita ketahui. Berikut beberapa fakta mengenai badak bercula satu:

1. Hewan yang Terancam Punah

Dikutip dari Savetherhino, ancaman terbesar badak bercula satu adalah perburuan manusia. Selama berabad-abad, badak telah dibunuh untuk dijadikan ajang olahraga serta tanduk mereka diburu karena langka.

Di pasar gelap, tanduk badak merupakan benda langka yang senilai dengan berlian. Badak bercula satu banyak ditemukan di India dan Nepal. Di Indonesia, hewan ini dapat ditemukan di Ujung Kulon. Keberadaan Badak bercula satu diperkiran hanya mencapai ribuan di seluruh dunia.

Di zaman dahulu, para Kaisar Mughal menggunakan badak bercula satu untuk dipertandingkan melawan gajah sebagai acara hiburan. Di akhir pertandingan biasanya badak yang menang. Untungnya, acara hiburan itu sudah tidak diizinkan sekarang.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini