get app
inews
Aa Read Next : Heboh! Pemburu Jual Cula Badak Rp280 Juta, Kepala BTNUK Ungkap Fakta Mengejutkan

Moment Langka Petugas Taman Nasional Ujung Kulon Bertemu Badak Cula Satu, Gemesss!

Kamis, 01 Februari 2024 | 10:11 WIB
header img
Moment Langka petugas Taman Nasional Ujung Kulon Bertemu Badak Cula Satu (Foto: Layar Tangkap)

UJUNG KULON PANDEGLANG, iNews Cilegon.id - Badak Jawa (Rhinoceros Sundaicus) merupakan hewan yang suka menyendiri. Saat ini populasinya tercatat hanya 80 ekor dan hanya ada di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Bante. Dengan jumlah tak banyak ini, maka tak heran jika ada yang berhasil melihatnya secara langsung. Namun, tak demikian bagi Agus Handayani dan Saputra, dua petugas Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) yang berhasil melihat secara langsung badak bercula satu ini saat menjalankan tugasnya. 

Di daerah jelajahnya, Badak Jawa tidak memiliki predator alami yang signifikan selain manusia. Badak Jawa cenderung akan menghindari manusia, hal ini menjadi kesulitan tersendiri untuk meneliti Badak Jawa sehingga harus bergantung pada kamera jebak dan sampel feses dan urin untuk mempelajari perilaku dan kesehatan mereka.

Bagi petugas TNUK dilapangan pertemuan dengan Badak Jawa bukanlah hal yang tidak mungkin, bahkan akan menjadi pertemuan yang sangat berharga sekaligus menegangkan. Badak Jawa akan melarikan diri menjauh ketika mereka mendeteksi keberadaan manusia. 

Pertemuan langsung Badak Jawa dengan petugas TNUK yang sedang berpatroli dilapangan, dan berhasil terekam oleh kamera selulernya ini merupakan kejadian luar biasa, perjumpaan terdekat antara Badak Jawa dengan manusia yang berhasil terekam.

Dalam video yang diunggah, kedua petugas itu tampak sangat berhati-hati, mengingat sifat Badak cula satu yang sangat agresif dan akan menyerang ketika mengetahui ada manusia dalan jarak dekat, hal itu sebagai bentuk pertahanan mereka untuk mempertahankan diri dari ancaman.

Dalam video berdurasi pendek itu, petugas hanya bisa merekam pertemuannya dengan badak cula satu ini dengan Hanphone miliknya. Jaraknya terlihat sangat dekat, keduanya hanya dipisahkan oleh sebatang pohon yang digunakan petugas untuk berlindung dari serangan agresif Badak Jawa.

Unggahan inipun mendapat komentar beragam warganet.

"Kata Petugas, mimpi apa yang gue semalem," tulis warganet.

"Gak usah jauh ke Afrika, ternyata di Kita juga ada Badak," kata warganet.

"Moment langka bisa bertemu dengan Badak di habitatnya aslinya," ujar warganet lainnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut