get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Ada Penghuni Baru di Taman Nasional Ujung Kulon, Selamat!

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 10:55 WIB
header img
Anak badak cula bersama induknya terekam kamera trap di Taman Nasional Ujung Kulon. Foto: doc. TNUK

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) ungkap ada penghuni baru di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) yang berada di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Hal itu terungkap dalam rekaman kamera trap.

Seekor individu baru anak badak Jawa (Rhinoceros sondaicus Desmarest, 1822) dengan jenis kelamin betina terekam kamera di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) sepanjang bulan Juli hingga September 2023. 

Anak badak Jawa tersebut diidentifikasi merupakan anak ke-4 dari induk bernama Kasih/ ID 032.2011 yang saat ini berumur 12 tahun.

Kabar gembira ini sebenarnya telah diduga ketika Tim Monitoring Badak Jawa (MBJ) Taman Nasional Ujung Kulon menemukan jejak kaki badak Kasih, yang tidak menyatu antara kaki belakang dengan kaki depannya, hal ini menandakan bahwa ada hambatan langkah kaki depan yang terhalang kehamilannya.

Badak Kasih sebelumnya dilaporkan telah melahirkan tiga anak, yaitu Duba/ID 053.2013, Wira/ID 074.2015 dan Sekar/ID 086.2021.

Data ini dikuatkan dengan clip video pada bulan Februari 2023 yang menunjukkan badak Kasih terekam kamera dalam kondisi hamil. 

Selanjutnya pada Bulan April 2023 Tim MBJ TNUK juga menemukan jejak ukuran 15/14 cm beserta kotorannya pada grid yang sama ketika ditemukan tapak dan kamera trap sebelumnya.

"Dengan data yang ada dimungkinkan anak badak Jawa tersebut dilahirkan pada bulan Februari 2023. Individu anak badak Jawa tersebut kemudian diberikan kode ID 092.2023," demikian diungkap Satyawan Pudyatmoko, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK, di Jakarta. Dikutip iNewsCilegon.id dari laman instagram resmi milik Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan (Kemen LHK). Jumat (06/10/2023)

"Kelahiran ini merupakan keberhasilan bangsa Indonesia dalam upaya konservasi badak Jawa, mengingat saat ini badak Jawa di dunia hanya ada di Taman Nasional Ujung Kulon Indonesia," katanya.

Satyawan Pudyatmoko menjelaskan, jika Program Pengamanan Badak Jawa di areal semenanjung cukup efektif dalam mengamankan kawasan habitat badak, sehingga badak dapat berkembang biak dengan baik.

"Mari kita selamatkan badak Jawa yang hanya ada di Taman Nasional Ujung Kulon. Semoga anak badak Jawa tersebut sehat dan lestari," pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut