get app
inews
Aa
Read Next : Jalin Kolaborasi, UniPin dan Purwadhika Bagikan Beasiswa Pendidikan IT

Jadi Programmer Sejak Kecil, Intip Berbagai Cara Belajar Coding

Selasa, 27 September 2022 | 16:12 WIB
header img
Belajar coding sejak dini tentunya dapat mempersiapkan anak untuk masa depan dan meningkatkan daya saingnya kelak. (Foto: Ruangguru)

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Coding merupakan salah satu keahlian yang banyak dicari di era digital ini.

Dengan semakin pesatnya digitalisasi, kemampuan coding sangat bermanfaat dalam pengembangan aplikasi digital yang kita gunakan sehari-hari.

Bahkan, menurut laporan Future of Jobs yang dirilis oleh World Economic Forum, peran-peran yang membutuhkan kemampuan coding berada di peringkat 10 besar pekerjaan dengan permintaan yang paling tinggi di tahun 2025. 

Kemampuan coding pun bisa diasah sejak usia dini. Dilansir dari situs Massachusetts Institute of Technology (MIT), usia yang optimal bagi anak untuk mulai belajar coding adalah usia 5-7 tahun, di saat otak anak memiliki potensi besar untuk belajar hal baru.

Saat ini, sudah banyak fasilitas dan cara yang bisa dimanfaatkan orangtua untuk memperkenalkan coding pada anak. Apa saja, ya, caranya? Yuk, simak beberapa pilihan berikut!

Bermain dengan Mainan Teknis

Tidak harus digital, mainan juga bisa menjadi media untuk memperkenalkan dasar-dasar coding pada anak dengan cara yang menyenangkan.

Mainan yang bisa menjadi pilihan yakni mainan yang bersifat teknis, seperti mainan sirkuit elektronik, magnet, robot, bangunan, dan sebagainya.

Mainan-mainan teknis ini dapat menguji kreativitas anak dan kemampuan anak untuk berpikir logis. Namun, mainan seperti contoh di atas umumnya memiliki bagian-bagian yang kecil sehingga lebih cocok untuk anak usia 8 tahun ke atas. 

Membaca Buku Seputar Coding

Opsi belajar coding selanjutnya cocok untuk anak segala usia, yakni membaca buku. Metode ini khususnya dapat dipilih untuk anak yang baru pertama kali mendalami coding.

Kabar baiknya, sekarang tersedia berbagai macam buku tentang coding yang didesain khusus untuk anak-anak.

Mulai dari format penjelasan sederhana dengan ilustrasi menarik hingga komik bergambar, semua dapat dipilih sesuai preferensi membaca anak.

Editor : Novita Sari

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut