get app
inews
Aa Read Next : Jalin Kolaborasi, UniPin dan Purwadhika Bagikan Beasiswa Pendidikan IT

Jadi Programmer Sejak Kecil, Intip Berbagai Cara Belajar Coding

Selasa, 27 September 2022 | 16:12 WIB
header img
Belajar coding sejak dini tentunya dapat mempersiapkan anak untuk masa depan dan meningkatkan daya saingnya kelak. (Foto: Ruangguru)

Melalui buku-buku ini, orangtua dapat mulai memperkenalkan anak pada pengetahuan umum soal coding, seperti perkembangan komputer, tokoh-tokoh dalam dunia pemrograman, dan penerapan coding dalam hal yang ditemui sehari-hari. 

Belajar dengan Berbagai Aplikasi 

Aplikasi mobile untuk belajar bahasa pemrograman yang dikembangkan khusus untuk anak-anak juga semakin mudah ditemui di internet, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Melalui aplikasi, anak-anak akan diajak untuk mengenal konsep pemrograman dasar dengan pendekatan yang interaktif.

Umumnya, konsep pemrograman dalam aplikasi dikemas dalam bentuk permainan menyenangkan dan juga dilengkapi berbagai media visual menarik. 

Mengikuti Kursus Coding

Bagi anak-anak yang ingin belajar coding secara lebih mendalam dan intensif, mengikuti kursus atau sekolah coding juga dapat menjadi pilihan.

Kelebihannya, dengan mengikuti kursus coding, anak akan didampingi oleh pengajar dan juga mendapat kesempatan untuk mempraktikkan kemampuan coding secara langsung, seperti misalnya untuk membuat game.

Salah satu kursus yang menyediakan layanan-layanan tersebut adalah Kalananti. Kursus coding dan inovasi dari Kalananti menawarkan beberapa jenis kurikulum untuk anak usia 5–15 tahun.

Anak dapat belajar melalui proyek interaktif, kelas online intensif, dan dibimbing pengajar berpengalaman. Kalananti juga menyediakan offline center bagi anak-anak yang ingin belajar secara tatap muka. 

Itu dia beberapa cara belajar coding untuk anak. Apapun metodenya, belajar coding dapat membawa banyak manfaat bagi anak.

Selain mendukung perkembangan kognitif dan kemampuan berpikir kritis anak, belajar coding sejak dini tentunya dapat mempersiapkan anak untuk masa depan dan meningkatkan daya saingnya kelak. 

Editor : Novita Sari

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut