Logo Network
Network

Wali Kota Cilegon Beri Kuliah Umum Kepada Mahasiwa Universitas Muhammadiyah Banten

Mohamad Hidayat
.
Sabtu, 01 Oktober 2022 | 21:04 WIB
Wali Kota Cilegon Beri Kuliah Umum Kepada Mahasiwa Universitas Muhammadiyah Banten
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian Memberikan Kuliah Umum Kepada Mahasiwa Bau Universitas Muhammadiyah Banten (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id-  Wali Kota Cilegon Helldy Agustian memberikan materi kuliah umum kepada mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Banten dengan tema "Kepemimpinan Islam Berkemajuan, Moderasi, dan Berkebangsaan untuk Memajukan Indonesia Menyerahkan Semesta" di Kampus Muhammadiyah Cilegon, Sabtu (1/10/2022).

Pada kesempatan itu, Helldy memaparkan beberapa hal penting terkait pendidikan. Pendidikan, kata Helldy, merupakan pilar penting dalam pembangunan. 

Dengan adanya pendidikan maka akan merubah perekonomian keluarga, maka dari itu pendidikan sangat erat dengan kesejahteraan.

"Muhammadiyah sedang mencerdaskan bangsa dengan membangun pendidikan, dengan dibukanya Universitas di Cilegon ini sebagai bukti bahwa Muhammadiyah telah konsisten di dunia pendidikam, baik dari setingkat taman kanak-kanak hingga SMA sudah ada di Cilegon, sekarang ditambah perguruan tinggi," kata Helldy.

Menurut Helldy sekolah swasta di Cilegon memiliki tantangan sendiri dalam menjalani aktifitas pendidikannya. 

"Saya tahu sekolah swasta memiliki tantangan sendiri dalam menjalankan aktifitas pendidikannya, karena ini pasti berbeda dengan negeri yang difasilitasi pemerintah, untuk itu saya berpesan sekolah swasta harus pintar-pintar mengatur supaya bisa menjadi maju di tengah banyaknya persaingan di dunia pendidikan," tuturnya.

Helldy megatatakan apabila ada murid setingkat SD dan SMP di swasta tidak mampu, maka sekolah swasta bisa mendaftarkan ke dindik. "Maka itu akan kami berikan biaya gratis ke siswa tersebut, saya tidak ingin ada anak Cilegon yang tidak sekolah, karena dengan pendidikan dapat merubah perekonomian keluarga," katanya.

Lalu, lanjut Helldy,  kami ingin mendidik akhlak secara baik secara agamanya, maka dari itu kami ingin memberikan fasilitas terbaik untuk guru dengan menaikan beberapa honor untuk guru juga. "Hal ini sebagai bentuk dukungan kami terhadap dunia pendidikan di Cilegon," katanya.

Helldy juga menjelaskan mengenai program beasiswa full sarjana Pemkot Cilegon. Kita punya program beasiswa full sarjana bukan tanpa alasan, karena hal ini berdasarkan data yang selama ini menunjukan bahwa di Cilegon ini banyak masyarakatnya yang ingin kuliah tapi tidak mampu.

"Maka dari itu wajar kalau orang Cilegon ini belum ada yang populis secara nasional, bahkan banyak pabrik di Cilegon tetapi tenaga kerjanya sedikit yang asli wong Cilegon, karena apa karena kita ingin menciptakan SDM yang dapat bersaing sehingga nantinya angka pengangguran di Cilegon dapat berkurang," tegasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Banten Partono Siswosuharjo menjelaskan pendidikan akan menciptakan generasi emas. 

"Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia akan mencapai generasi emas, oleh karena itu untuk menyambut generasi emas, Muhammadiyah menciptakan lulusan lulusan yang siap bersaing di dunia pekerjaan, dimana banyak industri di Cilegon, banyak peluang pekerjaan di Cilegon, kami ingin lulusan-lulusan kampus muhammadiyah bisa bersaing dengan lulusan kampus lain," pungkasnya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini