get app
inews
Aa
Read Next : Komeng Tembus 1 Juta Suara, Jadi Man Of The Match Pemilu 2024 Versi KPU

Kunjungi Desa Hanjeli, Menteri Sandiaga Yakin Restorasi Hanjeli Mampu Bangkitkan Ekonomi Sukabumi

Jum'at, 14 Oktober 2022 | 13:46 WIB
header img
Hanjeli ini hampir punah, tapi sekarang dikembangkan dengan penuh kearifan lokal melibatkan masyarakat. Foto: Ist

Desa Wisata Hanjeli menambahkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan dengan membangun karakter geografi “sense of place” yang menekankan seluruh elemen karakter alam dan budaya hingga dapat menciptakan pengalaman berwisata yang berbeda.

Hanjeli merupakan sumber karbohidrat dengan kandungan gizi yang setara dengan padi, sorgum, atau sumber pangan lain. Bahkan, terdapat nilai gizi yang super di dalam Hanjeli. Ada kandungan kalsium yang tinggi sehingga dapat dimanfaatkan oleh penderita Osteoporosis.


Tanaman Hanjeli juga aman dikonsumsi penderita diabetes karena indeks glikemik-nya rendah. Foto: Ist

 

 

Tanaman ini juga aman dikonsumsi penderita diabetes karena indeks glikemik-nya rendah. Bagian lain dari Hanjeli seperti akar, batang, hingga daun dapat memberikan manfaat. Misalnya, akar tanaman bisa dimanfaatkan menjadi tanaman herbal, bagian batang dan daunnya dapat dijadikan makanan ternak, selain itu daunnya juga dapat diolah menjadi teh.

Selain itu, ada waduk atau embung penyimpanan air untuk keperluan pertanian yang juga dimanfaatkan sebagai restorasi air. Ada pula wisata edukasi Nyadap Karet. Wisatawan diajak belajar mengolah getah karet. Mulai dari menyadap dari pohon hingga melihat proses pengolahannya di pabrik.

Di Desa Wisata Hanjeli juga terdapat pabrik yang mengolah karet dari proses awal hingga bahan setengah jadi. Untuk mengikuti kegiatan ini, pengunjung dikenakan biaya Rp 50 ribu.

Sedangkan potensi seni dan budaya, desa ini memiliki tari warisan leluhur. Yakni Ibing Pasir Piring. Sebuah tarian yang menggambarkan kisah dan kehidupan sejarah mengenai asal asul nama Pasir Piring yang berada di Kecamatan Waluran. Tarian ini menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Padepokan Pasir Piring.

Editor : Novita Sari

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut