Logo Network
Network

Unik! Pengantin Pria Melewati Selangkangan Ibunya, Tradisi Nyono Khas Madura

Ila Nurlaila Sari
.
Senin, 24 Oktober 2022 | 09:30 WIB
Unik! Pengantin Pria Melewati Selangkangan Ibunya, Tradisi Nyono Khas Madura
Tradisi Nyono atau Kangkang, tradisi unik warga Madura (Foto: Layar Tangkap Video).

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Warga Madura menganggap ibu sebagai manusia paling tinggi dan doanya dianggap paling manjur untuk keselamatan dan kesuksesan, untuk memperoleh ridho sang ibu warga Madura salah satunya melakukan Tradisi Nyono (Kangkang), tradisi unik Warga Madura yang masih dipertahankan hingga saat ini. 

Tradisi ini, biasanya dilakukan oleh anak-anak yang hendak menikah atau menghadapi hal besar dalam hidupnya. 

Dengan melakukan tradisi ini, sang anak berharap semua urusannya dimudahkan oleh Sang Pencipta. Oleh karenanya, warga Madura paling pantang dianggap anak durhaka pada ibunya.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Alfiqul Islami (26), pemuda asal Sumenep, Jawa Timur, ketika hendak melangsungkan akad nikah pada 9 Maret lalu, yang viral dijagat maya.

Dalam video tersebut, tampak Alfiqul Islami merangkak dan melewati selangkangan sang ibu sebanyak tiga kali di pintu muka rumah.

Rupanya tradisi ini bertujuan memohon doa restu kepada ibu yang melahirkannya dan dilanjutkan dengan mencium tangan atau pamit berangkat menuju acara akad nikah. Tujuan utamanya sebagai bentuk penghormatan pada ibu dan supaya diberi kelancaran serta kemudahan saat acara.

Setelah melakukan tradisi ini, Alfiqul mengaku lega, tenang dan siap menjalani serangkaian prosesi sakral pernikahan.

Sebelumnya, Alfiqul mengaku pernah juga melakukan tradisi Nyono saat hendak melaksanakan ujian SMP dan SMA. Ritual ini memang dilestarikan oleh keluarganya secara turun temurun.

Tradisi Nyono sendiri biasanya dilakukan ketika anak akan menghadapi sesuatu yang besar dalam hidupnya dan membutuhkan doa dari sang bunda. Misalnya jika anak akan menikah, merantau hingga menghadapi ujian sekolah.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini