Rayakan Tumpas Argentina 2-1, Arab Saudi Jadikan Rabu Ini Hari Libur Nasional

Ila Nurlaila Sari/Net Cilegon
.
Rabu, 23 November 2022 | 12:07 WIB
Punggawa Timnas Arab Saudi bersujud usai mengalahkan Timnas Argentina 2-1 dalam Piala Dunia 2022 Qatar. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Bangga dengan punggawa timnas yang menumbangkan Argentina 2-1 di Piala Dunia Qatar 2022, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menjadikan hari ini, Rabu (23/11/2022) sebagai Hari Libur Nasional

Hari libur ini berlaku untuk semua PNS dan karyawan swasta, serta seluruh pelajar di Arab Saudi. Langkah Arab Saui ini sebelumnya melakukan hal yang sama ketika timnas mereka mengalahkan Argentina 1-0 di Piala Dunia 1990.
Timnas Arab Saudi yang berhasil mengalahkan Tim Nasional (Timnas) Argentina pada matchday pertama Grup C Piala Dunia Qatar 2022. Pertandingan ini berlangsung di Stadion Lusail, Qatar, pada Selasa (22/11/2022), sore WIB.

Argentina, yang unggul di atas kertas, mendominasi alur serangan. Meski begitu, Argentina hanya mampu unggul 1-0 atas Arab Saudi di babak pertama. Namu Sayang, keunggulan itu buyar pada babak kedua. Argentina pun kalah 1-2 dari Arab Saudi.

Argentina membuka pertandingan dengan meyakinkan, serangan bergelombang dilancarkan Lionel Messi ke pertahanan Arab Saudi.

Pada menit kedelapan, wasit menunjuk titik putih usai meninjau VAR yang menunjukkan Leandro Paredes dilanggar Ali Al Bulayhi. Messi, yang mejadi algojo menunaikan tugasnya dengan baik sehingga Argentina unggul 1-0 pada menit ke-10.

Messi kembali mencetak gol pada menit ke-22, tetapi dianulir karena offside. Selang enam menit setelahnya, Lautaro Martinez juga terjebak offside sehingga golnya dianulir. Kejadian serupa terjadi pada menit ke-34 sehingga sudah tiga gol Argentina dianulir karena offside.

Argentina mencoba menambah keunggulan sebelum babak pertama usai. Akan tetapi, La Albiceleste harus puas dengan keunggulan 1-0 saat wasit mengakhiri 45 menit pertama.

Babak kedua tidak berjalan baik untuk Argentina. Dalam lima menit, Arab Saudi membuyarkan keunggulan Argentina.

Saleh Al Shehri (48) dan Salem Al Dawsari (53) mencetak gol yang membuat para suporter Argentina terdiam. Kini, Argentina balapan dengan waktu untuk menyelamatkan pertandingan ini.

Argentina membombardir pertahanan Arab Saudi. Akan tetapi, tidak ada satu pun upaya Messi dan tim nya yang membuahkan hasil.

Bagi Argentina ini merupakan kekalahan pertama setelah tidak terkalahkan dalam 36 pertandingan. Sementara bagi Arab Saudi ini adalah prestasi besar dan diharapkan mengangkat level sepakbola Asia.

Editor : Mahfud
Bagikan Artikel Ini