Logo Network
Network

3 Wasit Wanita Keren di Piala Dunia 2022 Qatar Pilihan FIFA

Ila Nurlaila Sari
.
Minggu, 27 November 2022 | 09:42 WIB
3 Wasit Wanita Keren di Piala Dunia 2022 Qatar Pilihan FIFA
Wasit Wanita di Pia Dunia 2022. Foto: Ist

CILEGON, iNewsCilegon.id - Federation International Football Association (FIFA) telah mencantumkan 3 wasit wanita dari 36 wasit yang sudah dipilihnya.Tiga wasit wanita ini akan mengukir sejarah sebagai wasit pertama yang memimpin pertandingan di level Piala Dunia.

Ketiga wasit wanita ini terpilih oleh FIFA sekaligus menjadi puncak dari proses panjang yang telah dilakukan FIFA untuk mewujudkan keberadaan wanita di turnamen sepak bola terbesar antar negara dunia.

Berikut 3 wasit wanita yang terpilih oleh FIFA.

1. Yoshimi Yamashita

Berasal dari Jepang, karir Yoshimi Yamashita yang kini berusia 36 tahun mulai dipercaya FIFA untuk memimpin pertandingan internasional sepak bola wanita level senior di Piala Dunia wanita 2019 di Uruguay, setelah tampil reguler memimpin pertandingan sepak bola wanita level lokal Jepang dan Continental Asia.

Hingga kini, Ia tercatat total sudah memimpin empat pertandingan dalam sejarah.

Belum lama ini tepatnya di tanggal 2 Juni 2022, ia juga terlibat sebagai hakim garis dalam sebuah pertandingan persahabatan level internasional yang mempertemukan Timnas Gana U20 melawan Timnas Indonesia U19 yang dilaksanakan di Prancis.

2. Stephanie Frappart

Berasal dari Prancis. Wanita ini sudah ada di Liga Prancis sejak tahun 2009.

Pada Tahun 2011, Frappart sudah terjun langsung pemimpin pertandingan sepak bola pria di TV Liga Prancis. Kemudian namanya menjadi sejarah sebagai wasit wanita pertama yang dipercaya memimpin pertandingan divisi 2 Prancis atau League 2.

Wanita berambut pirang itu dengan menjadi wasit wanita pertama yang dipercaya memimpin pertandingan kasta tertinggi Liga Prancis, League 1 pada pertandingan yang berlangsung 28 April 2019 antara SC amiens versus RC Strasbourgh.

3. Salima Mukansanga

Berasal dari Ruwanda dan telah memiliki lisensi wasit FIFA sejak tahun 2012. Nama Salima mulai mencuat ketika dipercaya menjadi satu di antara 47 official pertandingan di piala Afrika wanita yang berlangsung di Kamerun tahun 2016.

Kemudian menjadi wasit pada Piala Dunia wanita FIFA 2019 di Prancis. Kemudian Olimpiade Tahun 2020, dirinya juga kembali dipercaya memimpin jalannya pertandingan.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini