Logo Network
Network

Terbukti Ampuh! Ini Cara Efektif Bersihkan Karang Gigi yang Menebal, Cukup dengan Baking Soda

Ila Nurlaila Sari/Net Cilegon
.
Senin, 09 Januari 2023 | 14:23 WIB
Terbukti Ampuh! Ini Cara Efektif Bersihkan Karang Gigi yang Menebal, Cukup dengan Baking Soda
Baking Soda ampuh bersihkan karang gigi yang menebal. Foto: Ilustrasi

CILEGON, iNewsCilegon.id - Karang gigi muncul lantaran adanya plak yang menebal. Plak ini merupakan lapisan tipis pada gigi yang mengandung bakteri dan berasal dari sisa-sisa makanan yang kemudian menebal lalu membentuk karang gigi.

Lantaran strukturnya yang tebal dan keras, membuat karang gigi ini sulit untuk dibersihkan. Namun, berdasarkan hasil dari beberapa penelitian membuktikan bahwa baking soda terbukti ampuh untuk membersihkan karang gigi.

Hal ini karena baking soda diketahui bersifat basa dan mampu menaikkan tingkat keasaman atau pH dalam mulut sehingga bakteri sulit untuk berkembang biak serta sulit membentuk plak di gigi.

Berikut ini penjelasan singkatnya mengenai cara untuk membersihkan karang gigi dengan baking soda yang dapat Anda coba di rumah.

Untukk melakukannya Anda memerlukan beberapa alat dan bahan di antaranya sebagai berikut.

Alat dan Bahan:

  • 1 sdm baking soda
  • 1/2 sdt garam
  • Air hangat
  • Wadah kecil
  • Sikat gigi

Caranya

Langkah pertama adalah campurkan sekitar 1 sendok makan (sdm) baking soda dan setengah sendok teh (sdt) garam ke dalam wadah yang sudah disediakan. Selanjutnya, tambahkan sedikit air. Aduk hingga menjadi pasta.

Cara lainnya adalah Anda dapat mencelupkan sikat gigi ke dalam campuran baking soda dan garam.

Sikat gigi dengan campuran tersebut selama kurang lebih 5 menit lalu kumur-kumur dengan air hangat.

Namun, perlu diingat untuk jangan terlalu sering menyikat gigi dengan baking soda. Anda cukup melakukannya sebanyak 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Hal ini karena jika Anda terlalu sering melakukannya dikhawatirkan lapisan email gigi akan menipis dan membuat gigi menjadi sensitif.

Untuk hasil yang maksimal, Anda dianjurkan melakukan scalling gigi ke dokter setiap 6 bulan sembari melakukan pemeriksaan gigi rutin.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini