Logo Network
Network

Jangan Dibuang! Ternyata Kulit Pisang Miliki Segudang Manfaat

Ila Nurlaila Sari/Net Cilegon
.
Rabu, 04 Januari 2023 | 09:45 WIB
Jangan Dibuang! Ternyata Kulit Pisang Miliki Segudang Manfaat
Manfaat kulit pisang. Foto: Ilustrasi

CILEGON, iNewsCilegon.id - Tak hanya karena murah dan rasanya yang enak, tetapi gizi dan nutrisi di dalam buah pisang juga terbilang luar biasa. Dari usia anak-anak hingga dewasa bahkan lansia pun aman untuk mengonsumsi buah yang satu ini. 

Ternyata, bukan hanya buahnya saja yang mengandung gizi luar biasa, tetapi kulit pisang juga bisa diolah dan bermanfaat lho. Yuk simak ulasannya.

1. Nutrisi tanaman

Banyak tukang kebun organik merekomendasikan meletakkan kulit pisang untuk digunakan di kebun, daripada membuangnya.

Kulit pisang bisa menarik kupu-kupu sehingga membantu penyerbukan bahkan menjadi pupuk kompos.

2. Pembersih alat rumah tangga

Kulit pisang bisa digunakan untuk memoles dan mencerahkan daun tanaman rumah, sepatu kulit, dan perangkat makan yang terbuat dari perak.

3. Memutihkan gigi

Menurut sebuah studi pada 2015 lalu, kulit pisang telah menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap A. actinomycetemcomitans dan P. gingivalis. Bakteri ini berkontribusi terhadap penyakit periodontal, seperti gingivitis dan periodontitis.

Meskipun penelitian ini dan penelitian lain belum berfokus pada aplikasi langsung kulit pisang ke gigi, praktisi penyembuhan alami mengklaim menggosok kulit pisang pada gigi baik untuk gigi dan gusi.

4. Kesehatan rambut

Pendukung produk alami untuk kesehatan dan kosmetik menyarankan untuk menggunakan kulit pisang sebagai bahan masker rambut. Klaimnya, kulit pisang akan membuat rambut Anda lebih lembut dan berkilau.

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini