get app
inews
Aa
Read Next : Buah Ini Bikin Puasa Tak Lapar, ini Dia 5 Jenis Buah untuk Dikonsumsi saat Ramadan

Agar Tak Menghitam, Begini Cara Merebus Pisang yang Baik dan Benar

Kamis, 12 Januari 2023 | 08:35 WIB
header img
Pisang Kepok Rebus. Foto lustrasi: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Merebus pisang kepok tampak sangat mudah dan sepele. Namun, ternyata tidak jarang yang mendapati hasil rebusan pisang yang justru tidak sesuai dengan harapan.

Berbagai masalah seperti pisang kurang matang, terlalu matang, layu, maupun gosong. Selain itu, pisang kepok yang direbus asal-asalan juga bisa membuat tampilannya berubah warna menjadi menghitam.

Agar hasil pisang kepok yang direbus tetap berwarna kuning cerah perlu dilakukan cara ini, dilansir iNewsCilegon.id dari kanal YouTube Tokonyaneko.

Pertama, siapkan pisang kepok yang sudah berwarna kuning dan sudah dibersihkan. Kemudian, siapkan panci yang diisi dengan air sebanyak 1/3 bagian panci. Lalu, masukkan pisang kepok satu per satu ke dalam panci.

Setelah itu, letakkan panci di atas kompor dan masak dengan api sedang cenderung besar selama 10-15 menit.

Suhu air yang panas akan memecah kandungan gula yang terdapat pada pisang yang direbus, sehingga akan menghasilkan rasa manis alami yang lebih kuat.

Perlu diperhatikan, pada saat pisang kepok direbus, panci dibiarkan terbuka tanpa tutup supaya uap yang dihasilkan tidak jatuh mengenai pisang.

Pasalnya, jika uap panas tersebut mengenai pisang kepok, maka akan membuat warnanya menjadi menghitam.

Selain itu, hindari merebus pisang terlalu lama, karena selain menjadikan warnanya berubah tidak cerah, teksturnya juga akan menjadi terlalu matang dan lembek.

Setelah direbus selama kurang lebih 10 menit, kecilkan api, dan masak lagi beberapa saat.

Kemudian, segera matikan api kompor dan tiriskan pisang satu per satu menggunakan penjepit supaya pisang tidak hancur. Selamat mencoba!

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut