get app
inews
Aa Read Next : Agar Wajah Kendur Kembali Kencang dan Cantik, Cukup Pakai ini

Dampak Baik dan Buruk Makan Telur Asin untuk Tubuh, Apa saja? Yuk Simak Ulasannya

Senin, 16 Januari 2023 | 17:03 WIB
header img
Telur asin bebek. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Telur asin dibuat dari telur bebek dan tidak bisa menggunakan telur ayam. Hal ini dikarenakan kulit telur bebek memiliki kualitas yang lebih baik, demikian dikutip dari Viet Seafarm.

Selain itu, telur bebek juga bertekstur lebih kenyal dan lebih mampu menyerap garam dibandingkan dengan telur ayam.

Dampak Baik:

1. Mengandung Vitamin Baik

Vitamin yang terkandung di dalam sebutir telur asin adalah Vitamin A, B12, vitamin B kompleks, Vitamin D dan E.

Vitamin A dikenal sangat baik untuk membantu pembentukan sel-sel baru dan menjaga kesehatan mata sedangkan vitamin B12 dapat bermanfaat untuk menjaga sistem saraf dan meningkatkan fungsi sel darah merah.

Adapun Vitamin E adalah zat yang sangat berguna untuk kesehatan kulit agar lebih cerah dan halus serta terhindar dari gangguan kulit.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Telur bebek juga menawarkan nutrisi unsur mineral, yaitu selenium dan zat besi. Selenium berguna untuk mendukung fungsi kekebalan tubuh yang sehat dan membantu tubuh membuat hormon di kelenjar tiroid.

Di sisi lain, zat besi berguna untuk membantu sel darah merah membawa oksigen dan membantu tubuh menghasilkan energi.

Jadi, zat besi juga bisa bermanfaat untuk mencegah terjadinya gejala kekurangan darah yang dikenal pula dengan nama anemia.

3. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Dilansir dari Gramedia, telur asin yang dibuat dari telur bebek ternyata mengandung banyak zat penting bagi tubuh berupa mikronutrien sebut saja protein, lemak, dan karbohidrat.

Sebutir telur asin mengandung 0 gram protein berkualitas yang dapat mendorong kekebalan sistem imun dan menjaga kulit tetap sehat.

Dengan memakan sebutir telur bebek yang diolah dalam bentuk telur asin, manusia mampu memenuhi 15% protein harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Fosfor dan kalsium yang terkandung dalam telur bebek merupakan kandungan yang penting dan berguna untuk kesehatan tulang.

Kedua kandungan itu bisa membantu pertumbuhan tulang bagi anak-anak serta mencegah osteoporosis di kemudian hari.

Dampak Buruk: 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jika kolesterol dari makanan tidak akan berpengaruh banyak, tapi konsumsi berlebihan pun menimbulkan akibat yang tidak diinginkan.

Kolesterol tinggi dapat berdampak negatif bagi kesehatan, terutama bagi penderita penyakit jantung atau kondisi terkait arteri.

Cukup makan satu butir telur bebek sehari, dan sebaiknya menyandingkannya dengan makanan lain yang bebas kolesterol, seperti sayuran, buah-buahan atau makanan berserat tinggi.

Jika Anda sensitif terhadap kolesterol tinggi, Anda mungkin harus berhati-hati atau berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi telur asin. Semoga bermanfaat!

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut