get app
inews
Aa Read Next : Tekan Angka Pengangguran, Wali Kota Cilegon Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi

Walkot Cilegon Helldy Dorong Apeksi Bangkitkan UMKM

Sabtu, 18 Desember 2021 | 23:07 WIB
header img
Walkot Cilegon Helldy Agustian (Foto: doc Pemkot Cilegon)

CILEGON, iNews.id - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dorong Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) untuk membangkitkan sektor ekonomi, terutama di sektor usaha kecil mikro menengah (UMKM) yang  terdampak pascapandemi Covid-19.

Hal itu dikatakan Helldy pada pertemuan Apeksi Outlook yang digelar di Segara Village, Sanur, Denpasar, Bali pada 17 - 19 Desember 2021. 

"Saya mendorong agar kita bersama-sama untuk membangkitkan ekonomi. Sebab selama pandemi, sektor UMKM yang paling terdampak," kata Helldy dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/12/2021).

Helldy yang mewakili Apeksi Komisariat III ini menambahkan pandemi yang melanda selama dua tahun terakhir ini membuat seluruh sektor terdampak, termasuk UMKM. 

Ia melihat dalam beberapa bulan terakhir, seiring dengan menurunnya kasus Covid-19, sektor UMKM sudah mulai menggeliat berkat kerja sama dan kolaborasi semua pihak. 

"Refleksi 2021, bahwa kita perlu terus berkolaborasi. Tidak bisa berdiri sendiri, tapi perlu semua pihak. Di Apeksi, kita diskusi bersama saling memberi masukan dan kerja sama," ujarnya. 

Senada dengan Helldy, Wali Kota Tarakan, Kalimantan Utara Khaerul yang mewakili Komisariat V ini pun mengaku pentingnya untuk membangkitkan UMKM. 

"Sekitar 60 persen PDRB (produk domestik regional bruto) berasal dari UMKM. Demikian juga 78 persen tenaga kerja kita diserap UMKM," katanya. 

Untuk itu, sebagai tuan rumah Wali Kota Denpasar Gusti Ngurah Jaya Negara mengapresiasi Apeksi yang menggelar kegiatan di daerahnya. 

"Ekonomi Bali sangat terpuruk selama pandemi. Hal ini karena kami di Bali sangat bergantung pada sektor pariwisata," katanya.

"Bayangkan, selama pandemi pertumbuhan ekonomi di Bali minus 9,42 persen," tuturnya. 

Pada kesemptan sama, Ketua Umum Apeksi Bima Arya Sugiarto mengatakan pihaknya sengaja menggelar kegiatan di Bali sebagai solidaritas dan membangkitkan pariwisata di Bali. 

"Kita buka 33 stand memamerkan hasil kerajinan dari daerah. Saya minta belanja di sini jangan nawar," katanya.  

Bima juga mengajak para wali kota untuk saling mendukung agar ekonomi segera bangkit setelah pandemi. 

"Intinya kita harus saling mendukung demi kota yang kita cintai," ungkap Wali Kota Bogor ini.

Editor : Mumpuni Malika

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut