get app
inews
Aa
Read Next : Pertama di Dunia Ada Jalan Nusantara di Gedung UNESCO, Indonesia Bangga

Bikin Bergidik! 3 Kota Gaib ini Ternyata ada di Indonesia, Nomor 2 Bisa Merubah Kunyit jadi Emas

Kamis, 26 Januari 2023 | 09:54 WIB
header img
Ilustrasi Kota Gaib. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Keberadaan kota gaib telah menjadi kepercayaan yang bahkan diwariskan turun-temurun. Dan Indonesia menyimpan banyak cerita mistis yang bikin merinding. Nyatanya, ternyata 3 kota gaib ini ada di Indonesia.

Masyarakat Indonesia percaya dengan hal gaib sejak dahulu kala, bahkan sejumlah mitos dan legenda masih ada hingga kini.

Keberadaan kota gaib telah menjadi kepercayaan yang bahkan diwariskan turun-temurun.

Lalu dimana saja 3 kota gaib tersebut? Yuk simak ulasannya.

Wentira

Mirip seperti Kampung Saranjana, kota Wentira juga dipercaya sangat modern dan dipenuhi dengan bangunan megah, penduduk yang tampan, dan cantik.

Konon, kota Wentira merupakan kerajaan jin terbesar. Letaknya ada di daerah kebun kopi kawasan hutan belantara di antara Kota Palu dan Kabupaten Mutong, Sulawesi Tengah.

Berdasarkan penuturan warga sekitar, untuk menuju ke kota Wentira ada banyak gerbang yang harus dilewati.

Salah satunya di area Kebon Kopi, Donggala. Sampai saat ini kota Wentira masih menyisakan misteri untuk banyak orang.

Padang 12

Kota Padang 12 dipercaya ada di Ketapang, Kalimantan Barat. Menurut kabar yang beredar, di sana ada suku gaib bernama Limun.

Kerajaan Padang 12 ini lokasinya ada di sebuah lahan kosong yang dipenuhi pasir dengan dikelilingi pohon pinus di daerah Kalimantan Barat.

Bukan tanpa alasan, dinamai Padang 12 karena luas daerah ini adalah 12 Km persegi. Tidak hanya itu, para penduduk Padang 12 juga kerap muncul di dunia nyata dan bertransaksi dengan penduduk menggunakan kunyit.

Kemudian, kunyit itu bisa berubah menjadi emas. Banyak orang percaya, bahwa cuma mereka yang berhati bersihlah yang bisa bertemu dengan warga Padang 12.

Saranjana

Kampung Saranjana, kota gaib ini ada di Indonesia. Kampung Saranjana dipercaya letaknya ada di Kalimantan Selatan.

Untuk lokasi tepatnya, banyak yang percaya bahwa Kampung Saranjana ada di Pulau Halimun atau dikenal juga dengan Pulau Laut, ibu kota Kabupaten Kotabaru.

Berdasarkan kisah yang beredar, Kampung Saranjana merupakan kota yang sangat maju.

Di Kampung Saranjana ada gedung-gedung tinggi, buah-buahan yang subur, dan besar layaknya di dunia dongeng.

Tidak hanya itu, penduduk di Kampung Saranjana juga memiliki solek wajah yang cantik dan tampan luar biasa. Walaupun terdengar menarik, konon siapa pun yang mencoba untuk masuk ke kota itu maka mereka tidak akan bisa kembali lagi.

Ada pula cerita masyarakat yang menyatakan bahwa tidak sedikit kejadian aneh terjadi di Kampung Saranjana.

Contohnya, seperti alat berat yang diantar ke dekat kota itu.

Bahkan, pada tahun 1980-an pemerintah setempat dikejutkan dengan kedatangan sejumlah alat berat yang dipesan dari Jakarta. Semua alat berat dengan nilai yang sangat mahal itu dipesan oleh seseorang dengan alamat Kampung Saranjana dan telah dibayar lunas.

Padahal, secara administratif Kampung Saranjana tidak tertulis di Kabupaten Kotabaru. Namun yang aneh, pada tahun 1845 kampung ini sempat muncul di dalam peta buatan Salomon Muller. Dalam peta itu ada wilayah bernama Tandjong (hoek) Serandjana.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut