get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Ikut Ramaikan HPN, Diskominfo Cilegon Sambangi Diskominfo Medan

Selasa, 07 Februari 2023 | 17:40 WIB
header img
Kabid Aplikasi dan Telematika Diskominfo Kota Medan Ahmad Khaidir menerima kunjungan Kunjungan Kepala Dinas Kominfo Kota Cilegon Didin S Maulana di Kantor Diskominfo Medan, Senin (7/2/2023) (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

MEDAN, iNewsCilegon.id - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kota Cilegon ikut memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) ke-28 di Kota Medan, Sumatera Utara, 7-9 Februari 2023.

Seolah tak mau melewatkan momentum, Diskominfo yang membawa belasan jurnalis asal Cilegon sekalian menyambangi Diskominfo Kota Medan.

Kunjungan diterima Kabid Aplikasi dan Telematika Diskominfo Kota Medan Ahmad Khaidir dan Plt Kabid Teknologi Informasi Diskominfo Kota Medan Juang Akbar Harahap beserta jajarannya.

"Kami sekalian mempelajari sistem pelayanan pengaduan pelayanan publik nasional (SP4N) Lapor, program satu data apakah sudah dilaksanakan, serta kemitraan media dan kerjasama dengan organisasi profesi wartawan apakah ada hibah atau tidak," kata Kepala Dinas Kominfo Kota Cilegon Didin S Maulana.

Didin berharap hal-hal baik yang sudah diterapkan di Medan bisa diiaplikasikan di Kota Cilegon. "Kami dengar dari ratusan pengaduan masyarakat Kota Medan berhasil menyelesaikan pengaduannya sampai 99 persen," kata Didin.

Menanggapi masalah yang dihadapi Diskominfo Cilegon, Ahmad Khaidir menjelaskan bahwa pada dasarnya persoalan yang dihadapi relatif sama.

"Program satu data sudah kami laksanakan. Apalagi Medan sebagai pilot project satu data dari Bappenas. Kalau ada masalah kita tangani dengan data statistik. Alhamdulillah hubungan kita dengan BPS," katanya.

Juang Akbar Harahap menambahkan program SP4N Lapor di Medan berjalan baik karena sudah terhubung ke seluruh OPD dan bagian.

"Ada 700-800 pengaduan pada tahun lalu, sebagian besar sudah terselesaikan. Pengaduan masuk admin, kemudian diverifikasi lalu ditindaklanjuti ke OPD terkait," katanya.

Terkait kerja sama dengan media, kata dia, Diskominfo Medan terus mendorong agar para jurnalis lebih profesional. "Salah satunya kami memfasilitasi program uji kompetensi. Mereka yang sudah tersertifikasi kami prioritaskan untuk kerja sama," katanya.

Adapun terkait hibah anggaran kepada organisasi profesi, Juang mengatakan bahwa hibah tersebut sudah tidak ada. "Dulu sebelum Covid-19 ada, tapi sekarang tidak ada. Lagi pula rawan temuan," katanya.

Diketahui, pada peringatan HPN ke-28 di Kota Medan tahun ini, Diskominfo Kota Cilegon mengirimkan sebanyak 19 jurnalis. Mereka mewakili berbagai media dan dari berbagai organisasi profesi wartawan se-Kota Cilegon.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut