get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Koperasi KPS Cilegon Siapkan Dana Pinjaman Rp4 Miliar untuk ASN dan Non-ASN

Kamis, 15 Juni 2023 | 21:59 WIB
header img
Ketua Koperasi KPS Didin S Maulana (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Menjelang tahun ajaran baru sekolah, Koperasi Karya Praja Sejahtera (KPS) yang merupakan koperasi pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menyiapkan dana Rp4 miliar untuk mengajukan pinjaman.

Ketua Koperasi KPS Didin S Maulana mengatakan, selain melayani pinjaman terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS), pihaknya juga melayani pinjaman terhadap non-PNS, guna memberikan pelayanan yang terbaik kepada anggotanya.

"Untuk tahun ajaran baru ini karena kita sebagai banyak anggota yang untuk pemenuhan kebutuhan pendidikan, jadi kita siapkan kurang lebih anggaran Rp4 miliar untuk pemenuhan pendidikan," kata Didin sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Rabu (14/6/2023).

Didin menjelaskan minimal peminjamannya sebanyak Rp7 juta atau sesuai kebutuhan. Kemudian, pihaknya mengupayakan pelayanan dengan mencairkan pinjaman selama dua hari setelah verifikasi data selesai.

"Dikhususkan untuk pegawai pemerintah terdiri dari PNS dan non-PNS kurang lebih ada 3.600 anggota koperasi. Rata-rata alasan peminjamannya untuk pendidikan," jelasnya.

Didin menyampaikan jasa pinjamannya hanya 1,25 persen per-bulan dengan memberlakukan sistem syariah atau bersifat sistem bagi hasil.

"Ada 1,25 persen per bulan, atau 15 persen pertahun itu juga nanti kita kembalikan ke anggota dalam bentuk parcel, gift dan sebagainya," ujarnya.

Adapun persyaratan pinjaman di antaranya yakni anggota koperasi, adanya surat rekomendasi bendahara dan keterangan jumlah pendapatan yang diterima.

"Anggota koperasi, ada rekomendasi dari bendahara jadi gajinya cukup untuk dipotong dari koperasi," tuturnya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut