get app
inews
Aa Read Next : Belum Sebulan Menjabat AKBP Kemas Indra Bikin Haru Walkot Cilegon, Gercep Gulung Sindikat Narkoba

Dekopin Anugerahi Helldy Agustian Tokoh Penggerak Koperasi Utama

Rabu, 10 Juli 2024 | 12:52 WIB
header img
Helldy Agustian (kanan) bersama Kadinkop-UKM Kota Cilegon, Didin S. Maulana. Foto: Diskominfo

CILEGON, iNews Cilegon.id -  Dewan Koperasi Indonesia Pusat (Dekopin) memberikan anugerah Tokoh Penggerak Koperasi Utama kepada Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.

Anugerah tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Dekopin Pusat bernomor B/31.8/DEKOPIN-L.4/VII/2024.

Helldy Agustian dinilai Dekopin memiliki kontribusi signifikan dalam pengembangan koperasi, khususnya koperasi syariah di Kota Cilegon.

Dalam suratnya, Dekopin menjelaskan anugerah merupakan bentuk apresiasi atas kepedulian Helldy terhadap pengembangan koperasi. 

Acara penganugerahan akan berlangsung di Batam Riau, 11-12 Juli 2024 bertepatan dengan Puncak Acara Peringatan Hari Koperasi Ke-77 Tahun 2024.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop-UKM) Kota Cilegon, Didin S. Maulana, menyatakan rasa syukur dan bangganya atas terpilihnya Helldy.

"Alhamdulillah dan selamat, akhirnya nama Pak Wali terpilih sebagai penerima penghargaan bergengsi tersebut. Penghargaan tersebut hanya untuk 10 orang saja yang akan menerima," kata Didin, Rabu (10/7/2014).

Nama Helldy Agustian diajukan oleh Dekopinda Kota Cilegon sebagai calon penerima penghargaan. Helldy berhasil mengembangkan koperasi syariah di Kota Cilegon.

Kiprah Helldy mulai dari pembentukan koperasi syariah dengan pembiayaan APBD hingga proses sertifikasi dan pembinaan dewan pengawas, serta pemagangan koperasi syariah ke Koperasi Daarut Tauhid.

"Program pengembangan koperasi syariah yang diterapkan di Kota Cilegon dianggap berhasil oleh Dekopin, sehingga Wali Kota Helldy kembali diusulkan untuk mendapatkan penghargaan ini. Selain itu, kebijakan pinjaman bunga 0% yang bekerja sama dengan BPRS juga menjadi faktor penentu," tambah Didin. 

Hari Koperasi diperingati setiap tanggal 12 Juli, yang telah ditetapkan melalui Keputusan Presiden (KEPPRES) Nomor 127 Tahun 1964.

Tanggal ini dipilih untuk memperingati Kongres Gerakan Koperasi Pertama yang diselenggarakan di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 12 Juli 1947. Dengan prestasi ini, Helldy Agustian semakin mengukuhkan dirinya sebagai tokoh penting dalam pengembangan koperasi di Indonesia.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut