Logo Network
Network

Miris, 5.664 Anak di Kabupaten Pandeglang Stunting

Ila Nurlaila Sari
.
Jum'at, 17 Februari 2023 | 07:33 WIB
Miris, 5.664 Anak di Kabupaten Pandeglang Stunting
5.664 anak di Kabupaten Pandeglang Stunting. Foto Ilustrasi: Istimewa

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Sebanyak 5.664 anak pada tahun 2023 di Kabupaten Pandeglang stunting. Sedangkan jumlah keluarga berisiko stunting tercatat 159.415 jiwa.

"Ada 5.664 anak yang stunting, kalau untuk jumlah Keluarga Beresiko Stanting di Kabupaten Pandeglang sangat tinggi, yakni 159.415 itu sesuai data dari EPGBM ( Elektronik Pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat)," ujar Satgas Percepatan Penurunan Stanting Provinsi Banten Maksudi, Kamis (16/2/2023).

Lanjut Maksudi, sementara untuk jumlah Stunting di Kabupaten Pandeglang ada 5.664 anak dengan balita pendek 3.964, balita sangat pendek 1.700 orang.

"Ada tren penurunan untuk di Kabupaten Pandeglang, tahun 2021 37,8 persen, sedangkan 2022, 29,4 persen," kata Maksudi.

Untuk itu, lanjut Maksudi, dalam menurunkan stanting harus berkolaborasi dengan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sebab dalam penanganan stunting tersebut melibatkan banyak pihak terkait.

"Agar semuanya bisa berkolaborasi sehingga timbul data percepatan stanting, mulai dari tim percepatan penanganan stunting kabupaten Pandeglang, Camat, Desa dan Korluh (Koordinator penyuluh) Kabupaten Pandeglang agar bisa di kolaborasikan dengan setiap OPD," tuturnya.

Sementara itu kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Pandeglang Didi Mulyadi mengatakan, dalam penurunan stunting tersebut pihaknya terus melakukan percepatan penurunan stunting.

"Kegiatan ini juga salah satu upaya dalam percepatan penurunan stunting, dalam upaya koordinasi dari tingkat kabupaten sampai desa, ada juga TPK (Tim pendamping Keluarga). Kalau kita lihat tiap tahun mengalami penurunan," pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.