get app
inews
Aa Read Next : Daftar Pemberi Utang Terbesar ke Indonesia, Negara Mana yang Pertama?

Negara dengan Rasio Utang Terendah di Dunia versi IMF, Urutan Teratas Tetangga Indonesia

Selasa, 21 Februari 2023 | 07:39 WIB
header img
Kategori negara maju, rasio utang tertinggi di dunia diduduki Jepang sebesar 262,5 persen. Sedangkan posisi terendah adalah Rusia dengan rasio utang 18,2 persen. Foto Ilustrasi: Sindonews/Wawan Bastian

CILEGON, iNewsCilegon.idNegara dengan rasio utang terendah di dunia, urutan teratas diduduki Brunei yang merupakan negara tetangga Indonesia. Lalu rasio utang Indonesia berapa?

Rasio utang dalam bahasan kali ini adalah perbandingan antara utang dengan Produk Domestik Bruto (PDB). Data bersumber dari International Monetery Fund (IMF) tahun 2021 dan 2022 seperti dilansir dari Trading Economics.

Negara dengan Rasio Utang Terendah di Dunia versi IMF

Brunei menjadi negara dengan rasio utang terendah di dunia. Utang Brunei terhadap PDB adalah 1,9 persen. Angka ini terendah untuk Brunei sejak 2013.

Dalam rentang 2013-2022, rasio utang Brunei mencapai angka tertinggi pada 2014 sebesar 3,2 persen.

Negara dengan rasio utang rendah berikutnya adalah Kuwait. Negara di kawasan teluk ini rasio utang terhadap PDB pada tahun 2022 sebesar 7,1 persen. Angka ini jauh lebih rendah dari tetangganya yaitu Arab Saudi dengan rasio utang 30 persen.

Untuk kategori negara besar, rasio utang terendah di dunia digapai Rusia. Negara beruang merah ini, rasio utangnya 18,2 persen.

Sementara kategori negara besar dengan rasio utang tertinggi adalah Jepang. Negara matahari terbit ini rasio utangnya mencapai 262,5 persen. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan rasio utang Amerika Serikat 129 persen dan China 76,9 persen.

Tepat di bawah Jepang, adalah Venezuela dengan rasio utang mencapai 241 persen dan Yunani 193,3 persen. Dua negara ini pernah dilanda krisis ekonomi berat dalam beberapa dasawarsa terakhir.

Indonesia sendiri rasio utang terhadap PDB adalah 40,9 persen. Rasio utang Indonesia lebih rendah dari beberapa negara Asia Tenggara.

Rasio utang Singapura sebesar 160 persen, Philiphina 60,4 persen, Malaysia 63,3 persen, dan Thailand 56,91 persen.

Demikian informasi rasio utang negara-negara di dunia.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut