get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Helldy Ajak Industri Terlibat Meriahkan HUT Kota Cilegon

Tepi Situ Rawa Arum akan Dibangun Rest Area Tol Merak

Selasa, 21 Februari 2023 | 14:28 WIB
header img
Tepi Situ Rawa Arum akan dijadikan rest area baru di Jalan Tol Tangerang-Merak (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Pemerintah bakal membangun rest area baru di Jalan Tol Tangerang-Merak, tepatnya di KM 97 Situ Rawa Arum, Kota Cilegon.

Hal itu disampaikan Wali Kota Cilegon saat menghadiri peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Situ Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Selasa (21/2/2023).

Menurut Helldy rest area itu nantinya bisa dijadikan kantong parkir bila terjadi kepadatan arus lalu lintas menuju Pelabuhan Merak.

"Rencananya Insya Allah tahun ini dikerjakan. Mudah-mudahan tahun depan sudah jadi dan bisa dinikmati," kata Helldy.

Pembangunan rest area tersebut kata Helldy, akan dikerjakan oleh Pemprov Banten. Namun demikian, pihaknya mendukung rencana tersebut karena diyakini bakal menggairahkan perekonomian warga.

"Yang jelas warga Rawa Arum dan sekitarnya harus diberdayakan. Mulai dari UMKM maupun usaha lainnya," kata dia.

Selain jadi rest area, di sekitar Situ Rawa Arum pun akan ditata menjadi lebih baik agar lebih banyak lagi orang yang datang. "Kita akan percantik menjadi destinasi wisata," katanya.

Menurut Helldy ke depan akan lebih banyak program pemerintah di Kota Cilegon yang digarap tanpa APBD.

"Mulai dari JLS (Jalan Lingkar Selatan) akan diperbaiki menggunakan APBN. Demikian juga trotoar jalan nasional sekarang sedang dikerjakan oleh pusat," katanya.

Helldy mengaku  sering bolak-balik ke Jakarta dalam rangka melakukan pendekatan agar Kota Cilegon mendapat perhatian. "Kalau APBD Cilegon lebih banyak kita alokasikan buat masyarakat saja. Buat honor RT RW, kader posyandu, beasiswa, para guru madrasah dan guru ngaji, serta lainnya," kata dia.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Cilegon Faturohmi yang hadir dalam acara tersebut mengapresiasi langkah dan kinerja Pemkot Cilegon.

"Sudah banyak yang dilakukan. Mulai dari pengelolaan sampah menjadi co firing hingga meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat," katanya.

Terkait pemberdayaan Situ Rawa Arum menjadi rest area, Faturohmi yang merupakan warga setempat, juga mendukung.

"Situ Rawa Arum ini merupakan ikon Kota Cilegon yang jadi kebanggaan kita semua. Saya mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendukung program pemerintah daerah," katanya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut