get app
inews
Aa Read Next : Tuntaskan Masalah Stunting, 44 Pejabat di Cilegon jadi Orang Tua Asuh

Cegah Stunting, Kecamatan Cilegon Gelar Lomba Cipta Menu

Kamis, 23 Februari 2023 | 16:34 WIB
header img
Kegiatan Lomba Cipta Menu yang digelar halaman Puskesmas Cilegon bertujuan mencegah risiko stunting pada ibu hamil dan balita (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Kecamatan Cilegon menggelar lomba kreasi menciptakan menu pangan hewani, Kamis (23/2/2022). Kegiatan yang diikuti para kader tiap kelurahan yang dihelat di halaman Puskesmas Cilegon itu bertujuan mencegah risiko stunting pada ibu hamil dan balita.

Ketua Pokja III Bidang Sandang dan Pangan Kecamatan Cilegon Ana Adriana mengatakan lomba cipta menu merupakan langkah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Pada lomba tersebut akan diuji kreatifitas seorang ibu dalam meramu masakan dengan menu pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

"Ini lomba dalam rangka meningkatkan kesehatan warga dengan mengkonsumsi isi piringku yang sesuai dengan cipta menu, yaitu B2SA,” kata Ana sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon.

Menurut Ana jenis makanan yang disajikan harus mengandung protein hewani, nabati, buah, dan karbohidrat dengan takaran yang sesuai. “Harus ada protein hewaninya, harus ada sayurannya, protein nabatinya, buah-buahan dan karbohidrat,” tuturnya.

Camat Cilegon Maman Herman menjelaskan makanan bergizi tidak harus mahal, namun bisa didapat disekitar tempat tinggal. Oleh karena itu, kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi makanan bergizi sangat penting demi menciptakan keluarga yang sehat dan terhindar dari stunting.

“Jadi, ketentuan lomba untuk makan sendiri budgetnya Rp15 ribu, untuk camilan Rp 5 ribu. Dengan nilai ekonomi yang tidak terlalu mahal, tapi menciptakan makanan yang sehat dan bergizi, sehingga meminimalisir angka stunting di Kecamatan Cilegon,” jelasnya.

Sementara itu, peserta lomba dari Kelurahan Citangkil, Dewi (47) mengaku, pihaknya membuat makanan menu nasi merah, sate ikan, olahan sayur, puding dan kue kering yang mengandung protein.

“Kita olah sesuai dengan kriteria B2SA seperti nasi merah, sayur-sayuran dan olahan ikan. Kita buat juga kue dari susu,” katanya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut