get app
inews
Aa Read Next : Terlihat Menggemaskan Jika Gemuk, Ternyata Inilah Faktor Pertanda Anak Obesitas

Cegah Obesitas dengan Kurangi Gula Garam Lemak, Ini Takarannya Dalam Sehari

Sabtu, 04 Maret 2023 | 12:45 WIB
header img
Ki-ka: Meirza Hartoto (penyintas obesitas), Susana, dr. Marya Haryono, dan MC. Foto: Novi

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Jumlah penderita obesitas pada anak-anak di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Bahkan dalam sepuluh tahun terakhir ini, peningkatannya sudah dua kali lipat.

"Menurut Riset Kesehatan Dasar 2018, 1 dari 5 anak berusia 5-12 tahun, dan 1 dari 7 remaja berusia 13-18 tahun di Indonesia mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Obesitas memiliki konsekuensi berat pada anak karena memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami sindrom metabolik,” kata Dr. Eva Susanti, S.Kp., M.Kes, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), Kementerian Kesehatan RI.

Sindrom metabolik merupakan gabungan gangguan kesehatan yang terjadi secara bersamaan dan bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner, serangan jantung, diabetes tipe 2, dan stroke.

Melihat fenomena tersebut dan dalam rangka Hari Obesitas Sedunia (4 Maret), Nutrifood (produsen makanan dan minuman kesehatan) bersama Kementerian Kesehatan dan Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan) RI melakukan edukasi dan mengajak masyarakat untuk segera memutus rantai obesitas ini sejak dini. 

Kegiatan edukasi ini merupakan bagian dari kampanye Nutrifood bersama Kemenkes dan Badan POM RI terkait pentingnya membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak (#BatasiGGL) serta cermat membaca label gizi kemasan yang telah dimulai pada 2013.

"Seseorang didiagnosis mengalami sindrom metabolik bila memiliki tiga atau lebih kondisi seperti kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang, gula darah (glukosa) tinggi, rendahnya kadar kolesterol HDL (baik) dalam darah, tingginya kadar trigliserida dalam darah, dan tekanan darah tinggi. Berbagai kondisi tersebut seringkali dialami oleh orang obesitas,” papar dr. Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM, Dokter Spesialis Gizi Klinis.

dr. Marya menguraikan, “Mengonsumsi makanan sesuai anjuran dari Kemenkes RI yaitu jumlah sayur sebesar 2 kali lipat jumlah sumber karbohidrat dan protein, serta memerhatikan label kemasan sebelum membeli guna membatasi asupan gula, garam, lemak yang ada di makanan dan minuman perlu dibiasakan sedini mungkin untuk mencegah obesitas. Jangan lupa untuk memilih makanan dan minuman yang tinggi protein karena bisa menjadi sumber energi bagi tubuh anak dan remaja yang memiliki banyak aktivitas.”

Editor : Novita Sari

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut