Logo Network
Network

Jadi Lumbung Pangan Nasional, Wabup Pandeglang Minta Minimalisir Alih Fungsi Lahan

Ila Nurlaila Sari
.
Jum'at, 10 Maret 2023 | 11:29 WIB
Jadi Lumbung Pangan Nasional, Wabup Pandeglang Minta Minimalisir Alih Fungsi Lahan
Kab. Pandeglang jadi lumbung pangan nasional. Foto: Istimewa

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Kabupaten Pandeglang menjadi salah satu lumbung pangan Nasional hingga kurang lebih menyumbang 1% produktivitas pangan Nasional. 

Salah satu wujud nyata sebagai penyumbang pangan nasional, Kabupaten Pandeglang menjadi salah satu lokus panen padi Nusantara 1 juta hektar se Indonesia, di Desa Mekarsari Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang. Kamis (9/3/2023).

"Kami ucapkan terima kasih kepada petani, penyuluh, dinas pertanian dan BPPSDMP Kementerian Pertanian yang menjadikan Pandeglang sebagai lumbung pangan nasional," ucap Wabup Pandeglang Tanto W Arban.

Tanto menilai, wilayah yang saat ini menjadi lokus panen padi nusantara merupakan daerah yang rawan banjir. Kendati demikian itu tidak menjadi halangan dalam peningkatan produktivitas pangan.

"Disini rawan banjir tapi tetap produktif lahannya, kami harap kedepan pihak Kementerian PUPR juga ikut berpartisipasi dengan melakukam sodetan pada aliran sungai cilatak yang menjadi sumber penyebab banjir," ujar Tanto.

"Dengan adanya normalisasi sungai kami yakin produktivitas padi diwilayah ini akan lebih meningkat karena meminimalisir gagal panen," lanjutnya.

Selain itu, kata Tanto, untuk mempertahankan sebagai penyumbang pangan nasional, ia meminta alih fungsi lahan harus menjadi perhatian khusus.

Dengan menjadi salah satu penyumbang pangan nasional, Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban berharap semua pihak terkait dapat berkontribusi dalam peningkatan produktivitas padi di Kabupaten Pandeglang.

"Kami harap lahan yang produktif tidak dialih fungsikan karena akan mengurangi persentasi lahan produktif yang ada di Pandeglang, kita terus sosialisasikan kepada masyarakat", pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Pusat pelatihan Menajemen dan Kepimpinan Pertanian (PPMKP) Badan Penyuluhan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Yusral Tahir mengatakan, pelaksanaan panen padi nusantara dilaksanakan serentak se-indonesia, salah satunya di Desa Mekarsari Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang.

"Hari ini serentak di 30 Provinsi 131 Kabupaten dan Kota dari Provinsi Aceh hingga Provinsi Papua," pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini