Logo Network
Network

Tak perlu ke Kantor Pos, Begini Cara Cek Bansos secara Online di HP

Ila Nurlaila Sari/Net Cilegon
.
Kamis, 16 Maret 2023 | 09:30 WIB
Tak perlu ke Kantor Pos, Begini Cara Cek Bansos secara Online di HP
Cara cek Bansos online. Foto Ilustrasi: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Di tahun 2023 pemerintah Indonesia masih akan menggulirkan sejumlah bantuan sosial (Bansos) untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Salah satunya, bantuan sosial tunai (BST).

Untuk mengetahui apakah Anda memenuhi syarat untuk menerima BST atau tidak, Anda bisa melakukan pemeriksaan secara online.

Dilansir iNewsCilegon.id dari berbagai sumber, berikut cara mengecek Bansos secara online:

  • Klik Situs Resmi Kemensos

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi situs resmi Kementerian Sosial (Kemensos) di https://cekbansos.kemensos.go.id/. Di situs ini, Anda akan menemukan berbagai informasi mengenai program-program sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah.

  • Pilih Menu 

Setelah Anda masuk ke halaman utama Kemensos, cari dan pilih menu "Penerima Bansos".

Anda akan dibawa ke halaman baru yang berisi informasi mengenai program bantuan sosial yang tersedia dan cara mendaftarkan diri.

  • Klik Cek Penerima BST

Di halaman Penerima Bansos, cari dan klik link yang bertuliskan "Cek Penerima BST". Link ini akan membawa Anda ke halaman baru yang berisi formulir untuk melakukan pengecekan.

  • Isi Formulir Pengecekan

Pada halaman pengecekan, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa informasi yang diperlukan untuk melakukan pengecekan. Informasi yang diminta antara lain nama lengkap, nomor NIK, dan tanggal lahir.

Pastikan informasi yang Anda masukkan benar dan sesuai dengan data yang terdaftar di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Setelah semua informasi terisi, klik tombol "Cek".

  • Periksa Hasil Pengecekan

Setelah Anda mengklik tombol "Cek", sistem akan memproses data yang Anda masukkan dan menampilkan hasil pengecekan.

Jika Anda memenuhi syarat untuk menerima BST, maka akan muncul pesan yang menyatakan bahwa Anda terdaftar sebagai penerima BST.

Selain itu, Anda juga akan diberikan informasi mengenai jumlah bantuan yang akan diterima dan jadwal pencairan.

Jika Anda mengalami masalah ata kesulitan dalam melakukan pengecekan, Anda dapat menghubungi nomor layanan call center Kemensos di 1500567.

Dengan melakukan pengecekan secara online, Anda dapat memastikan apakah Anda memenuhi syarat untuk menerima bantuan sosial tunai (BST) dari Kemensos atau tidak. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot datang ke kantor Kemensos.

Namun, jika Anda tidak memenuhi syarat untuk menerima BST, maka akan muncul pesan yang menyatakan bahwa Anda tidak terdaftar sebagai penerima BST.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini