get app
inews
Aa Read Next : Jelang Ramadhan, Harga Daging Kerbau di Pasar Labuan Pandeglang Melonjak hingga Rp 140 Ribu per Kilo

Tidur Setelah Sahur bahayakan Kesehatan, Benarkah?

Jum'at, 31 Maret 2023 | 11:39 WIB
header img
Tidur usai sahur bahayakan kesehatan. Foto Ilustrasi: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Tidurnya orang yang berpuasa memang bernilai ibadah. Tapi, tidur setelah sahur dinilai buruk dari sisi kesehatan

Setidaknya ada tiga masalah yang bakal muncul jika langsung tidur setelah sahur. Dilansir iNewsCilegon.id dari instagram milik dr Nadia alaydrus, Jumat (31/3/2023), berikut beberapa penyakit yang akan timbul.

  • Sembelit

Kondisi ini terjadi karena timbunan makanan dalam perut tidak tercerna dengan baik, ketika tubuh dalam posisi tidur. "Ditambah lagi risiko sembelit ini akan lebih besar karena kurangnya asupan cairan pada tubuh saat berpuasa," ungkap selebgram kesehatan itu.

dr Nadia Alaydrus meminta kepada masyarakat agar tidak melakukan kebiasaan buruk itu. "Jadi, jangan dibiasakan, ya, langsung tidur setelah sahur," katanya.

  • Timbunan lemak

"Ketika kamu langsung tidur setelah sahur, kalori yang tersimpan dalam tubuh akan menjadi lemak. Kalau ini terjadi terus menerus, maka lemak tubuh akan menumpuk dan memicu terjadinya obesitas," jelasnya.

  • GERD naik

"Ketika kita langsung tidur setelah sahur, proses pencernaan akan terhambat, sehingga lambung akan secara otomatis meningkatkan produksi asam lambung atau untuk mempercepat proses pencernaan," ungkap dr Nadia.

Karena langsung tidur, kata dr Nadia, posisi tidur itu akan melonggarkan klep lambung dan menyebabkan asam lambung (GERD).

"Nah, asam lambung yang terbentuk di dalam perut itu kemudian mengalir ke kerongkongan dan menyebabkan luka, sehingga menimbulkan sensasi panas, terbakar pada dada, dan nyeri ulu hati," jelasnya.

Itulah tiga bahaya tidur usai sahur bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut